Menlu. Turki Adakan Pertemuan dengan Presiden dan Sekjen. ASEAN

Singapura, MINA – Pertemuan   trilateral  antara Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara () dan diadakan untuk pertama kalinya di Singapura pada Rabu (1/8), di sela-sela pertemuan tahunan para Menteri Luar Negeri  ASEAN di negara pulau tersebut

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan, yang menjabat sebagai ketua ASEAN 2018, membahas langkah-langkah di masa mendatang dan bidang kerja sama yang dapat dilaksanakan, kata sumber tersebut.

Pertemuan trilateral itu menyusul pembentukan kemitraan dialog sektoral antara Ankara dan negara-negara ASEAN tahun lalu,  Daily Sabah melaporkan.

Diskusi ini diadakan sejalan dengan kerangka Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-51 sebagai bagian dari tujuan Turki untuk memperluas hubungan dengan organisasi-organisasi regional dan internasional.

Cavusoglu juga diperkirakan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan rekan-rekannya dari negara-negara ASEAN lainnya yang menghadiri peremuan Menlu ASEAN itu.

Ankara menjalin hubungan dengan ASEAN pada tahun 1999 dan menghadiri KTT pertamanya pada tahun 2013. Juga, Turki mendapat status sebagai pengamat di angkatan kepolisian ASEAN pada tahun 2014 dan menjadi mitra dialog sektoral pada Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN tahun lalu di Filipina.

Menurut Kementerian Luar Negeri Turki, “tujuan akhir” Ankara untuk mengembangkan hubungannya dengan ASEAN adalah untuk mencapai kemitraan dialog.

Setelah Turki membuka kedutaannya di Laos tahun lalu, Turki kini telah memiliki perwakilan diplomatik di 10 negara anggota ASEAN. (T/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)