Menlu Turki Kunjungi Kompleks Masjid Al-Aqsa

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, tengah, dan Sheikh Azzam Al-Khatib, kiri, Direktur Departemen Wakaf Yerusalem, bersama pejabat Palestina lainnya mengunjungi kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Rabu, 25 Mei 2022. (Foto: AP Photo/Mahmoud Illean)

Al-Quds, MINA – Menteri Luar Negeri Turki pada Rabu (25/5) mengunjungi kompleks di kota Yerusalem yang diduduki, menurut koresponden WAFA.

Dia mengatakan bahwa Cavusoglu dipimpin oleh delegasi Departemen Wakaf Agama Islam dalam tur halaman kompleks masjid tanpa pengawalan polisi Israel.

Kunjungan Cavusoglu ke kompleks masjid terjadi sehari setelah dia mengadakan pertemuan terpisah dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Menteri Luar Negeri Riyad al-Malki di Ramallah.

Itu juga terjadi dengan latar belakang rencana pemukim Israel untuk secara massal menyerbu situs suci pada 29 Mei, memperingati ke-55 tahun dari apa yang disebut “Hari Yerusalem” atau “Hari Reunifikasi Yerusalem”.

“Hari Yerusalem” adalah acara tahunan yang memperingati “penyatuan kembali” Yerusalem pada tahun 1967, ketika pasukan Israel merebut Yerusalem Timur dari kendali Yordania dalam Perang Juni dan sejak itu mendudukinya.

Peristiwa semacam itu akan menyaksikan ribuan orang Israel sayap kanan, termasuk sejumlah besar pemukim Yahudi Israel dari Tepi Barat yang diduduki, mengibarkan bendera Israel, menari dan bernyanyi, dan berpawai melalui lingkungan Yerusalem, termasuk pusat lingkungan Sheikh Jarrah dan Bab al-Amoud (Gerbang Damaskus). (T/RI-1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.