Menlu: Ukraina-Iran Kerja Sama Penuh dalam Penyelidikan Jatuhnya Pesawat

Kiev, MINA – Menteri Luar Negeri Ukraina Vadym Prystaiko mengatakan, Iran telah bekerja sama dengan negaranya dalam penyelidikan kecelakaan pesawat penumpang Ukraina di dekat Teheran.

Ia menambahkan bahwa para ahli dari negaranya telah diberikan akses kepada kotak hitam pesawat, demikian Press TV melaporkan.

Berbicara pada briefing yang disiarkan televisi di Kiev pada Jumat (10/1), Prystaiko menambahkan bahwa Ukraina melihat “kerja sama penuh” dari Iran dalam menyelidiki penyebab kecelakaan itu.

“Tim kami sekarang memiliki akses ke kotak hitam,” katanya, seraya menambahkan bahwa para ahli Ukraina juga mendapatkan akses ke puing-puing pesawat dan lokasi kecelakaan.

Kiev telah mengirim tim yang terdiri dari hampir 50 ahli ke Iran untuk berpartisipasi dalam penyelidikan setelah Ukraine International Airlines Boeing 737-800 jatuh di dekat Teheran pada Rabu (8/1), menewaskan semua penumpang dan awaknya, 176 orang.

Meskipun ada klaim oleh Kanada, Inggris, Amerika Serikat dan beberapa negara lain yang memiliki saham di perusahaan Boeing tersebut bahwa pesawat itu dihantam oleh rudal Iran, mungkin karena kesalahan, Prystaiko mengatakan Ukraina belum mau sampai pada kesimpulan tentang penyebab bencana.

Menteri Luar Negeri Ukraina mengatakan, di mana kotak hitam akan dianalisis masih menjadi bahan diskusi, tetapi ingin itu dilakukan di Kiev. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)