Menlu Wakili Presiden Jokowi Hadiri KTT Ke- 14 OKI

Jeddah, MINA – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi  menghadiri Konperensi Tingkat Tinggi  ke 14 dari Organisasi Kerja Sama Negara-negara Islam (OKI) di Mekkah pada Jumat (31/5) dan sebelumnya menghadiri Pertemuan Tingkat Menlu OKI  di Jeddah, pada Rabu (29/5).

Menlu hadir mewakili Presiden Joko Widodo pada KTT Organisasi Kerjasama Negara Islam (OKI) itu.

Menlu mengatakan, pertemuan tingkat Menlu tersebut utamanya untuk mempersiapkan dua documen KTT OKI, yaitu rancangan komunike  mengenai Palestina dan Al-Quds Ash-Sharif, demikian keterangan yang diterima MINA.

Ia menjelaskan, sejak awal rangkaian pertemuan OKI ini, pada tingkat pejabat senior, Indonesia telah aktif berkontribusi dalam negosiasi persiapan dokumen akhir KTT tersebut.

Dalam pertemuan persiapan KTT, ia secara khusus menyampaikan mengenai pentingnya Negara OKI untuk solid dalam memberikan dukungan kepada Palestina.

“OKI harus bersatu dan langkah OKI harus solid dan terkoordinasi dalam mendukung Palestina,” tegasnya.

Secara khusus, juga menekankan bahwa rencana perdamaian untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina harus memperhatikan tiga kriteria, yaitu inklusifitas (melibatkan pihak yang bertikai), komprehensif (tidak mengorbankan hak-hak politik Palestina), dan menghormati parameter yang telah disepakati secara internasional.

Selain itu, ia juga menyampaikan, kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah KTT OKI pada saat giliran kawasan Asia tiba.

Tambahnya, mengingat pertemuan dilakukan pada bulan Ramadhan, pertemuan para Menlu ini dimulai pada pukul 23:00 atau setelah sholat tarawih dan ditutup menjelang sahur. (R/Gun/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)