Menlu Yordania ke Irak Bawa Pesan Solidaritas

Amman, MINA – Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi menyampaikan surat pesan solidaritas dari Raja Abdullah kepada Presiden Irak Barham Salih dan Perdana Menteri Adel Abdul Mahdi sehubungan meningkatnya ketegangan di Teluk Arab.

Surat yang dibawa pada Sabtu (18/1) menegaskan kembali pentingnya menjaga kedaulatan, keselamatan, dan keamanan Irak bagi keamanan regional dan internasional, menurut pernyataan Kemenlu Yordania.

Yordania menyatakan dukungan Kerajaan untuk membangun kembali Irak dan meningkatkan stabilitasnya. Kantor Berita MENA melaporkan.

Salih dan Abdul Mahdi menyuarakan penghargaan atas dukungan Yordania, menegaskan kembali ketegasan negara mereka untuk melanjutkan kerja sama dan koordinasi di berbagai bidang.

Pembicaraan juga membahas perkembangan regional terbaru di samping upaya yang diberikan untuk meredakan krisis dan mengurangi dampak dari ketegangan regional di Baghdad.

Dalam sambutan pers bersama setelah pertemuan mereka, Safadi mengatakan “Wilayah itu akan kehilangan banyak jika Irak dipaksa berperang dan konflik. Sementara wilayah itu akan mendapat manfaat besar, dan keamanan dan stabilitas akan ditingkatkan jika kita semua berdiri dengan Irak sebagai arena untuk pembangunan dan pencapaian.”

“Posisi Yordania sangat jelas dalam menyerukan de-eskalasi dan mengusahakan dialog untuk menyelesaikan krisis,” tambahnya. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)