Menlu Yordania, Mesir dan Irak Bahas Palestina

Baghdad, MINA – Para menteri luar negeri Yordania, Mesir dan Irak pada hari Ahad (4/8) bertemu di Baghdad membahas masalah Palestina.

Quds Press melaporkan, pertemuan tiga pihak itu juga membicarakan perlunya mengaktifkan peran Arab untuk mengakhiri krisis Suriah dan mengurangi eskalasi di Teluk.

Pernyataan bersama menyebutkan, para menteri mengkaji perkembangan yang terkait dengan masalah Palestina, dan menekankan sentralitas negara-negara Arab dan Islam.

Mereka sepakat melakukan berbagai upaya untuk mencapai perdamaian komprehensif yang memenuhi semua hak sah rakyat persaudaraan Palestina.

Para menteri juga membahas eskalasi di kawasan itu, menekankan perlunya mengintensifkan upaya untuk mengurangi eskalasi di Teluk melalui dialog dan membangun hubungan regional berdasarkan prinsip-prinsip bertetangga yang baik dan tidak campur tangan dalam urusan internal negara lain.

Para Menlu juga membahas cara-cara untuk meningkatkan kerja sama antara ketiga negara di bidang ekonomi, pembangunan, dan perdagangan, serta membahas tantangan bersama yang dihadapi kawasan dan krisis yang ada.

“kami sepakat untuk mengadakan pertemuan kelompok kerja, menindaklanjuti KTT tripartit dan untuk mengkoordinasikan kerja sama ekonomi, pembangunan, politik, keamanan dan budaya, untuk tujuan ini di tiga negara,” kata kementerian luar negeri Yordania dalam sebuah pernyataan.

Mereka juga sepakat untuk menyelenggarakan lokakarya untuk pengusaha dan investor dari ketiga negara di sela-sela pertemuan sektor menteri.

Para menteri sepakat untuk mengadakan pertemuan berikutnya di ibukota Amman, Yordania. (T/RS2/)

Mi’raj News Agency (MINA)