Menparekraf: 97 Persen Lapangan Kerja pada Sektor UMKM 

Jakarta, MINA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, 97% lapangan kerja di Indonesia ada pada sektor UMKM, sementara 70% pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Di sini OK OCE fokusnya sangat efektif dan atraktif dalam mengembangkan UMKM yaitu fokus pada SDM, kita memberikan pelatihan dan pendampingan, setelah itu kita bukakan pada akses pasar modal dan juga pada perizinan,” ujarnya saat webinar bertema “Peran Ekonomi Kreatif Bangkitkan Pelaku UMKM”, Ahad (2/5)

“Banyak yang terbantukan dan tersolusikan dengan kerja sama OK OCE antara lain dengan pemerintah Provinsi Bangka Belitung,” tambahnya.

Founder OK OCE Indonesia itu melanjutkan, setelah berfokus pada SDM, selanjutnya memahamkan para pelaku usaha agar mampu bersaing melalui transformasi digital, contohnya OK OCE Mall.

“OK OCE Mall merupakan market place yang berbasis reseller, UMKM yang memiliki produknya kita yang memasarkan, UMKM kita harus bisa berkompetensi di tengah market place yang lain,” terangnya.

Sandiaga berharap, pelaku usaha terus menggiatkan perputaran siklus ekonomi lokal, kelangsungan usaha secara lebuh luas dan cepat. Sebab, ditengah pandemi ini, ada sektor-sektor yang masih tetap tumbuh dan berkembang.

“Temen-temen OK OCE gunakanlah data dalam mengembangkan bisnis anda, dengan data kita akan mampu  mengetahui apa maunya pelanggan,” pesannya. (L/Hju/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)