Menpora Buka Festival Olahraga Rekreasi Nasional V 2019 di Kaltim

Samarinda, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membuka Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) V Tahun 2019, Sabtu (16/11) malam, di Stadion Olahraga Sempaja, Samarinda Kalimantan Timur.

Menpora didampingi Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor dan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta serta Ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Hayono Isman saat pembukaan. Demikian laporan yang diterima MINA, Ahad (17/11).

Fornas V Tahun 2019 melibatkan 37 induk cabang olahraga rekreasi masyarakat, termasuk Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) hingga Indonesia e-Sports Association (IeSPA).

Pemukulan tufu (alat musik  tradisional Dayak, Kaltim) oleh Menpora menandai dibukanya Fornas V Tahun 2019.

“Kami dari Kemenpora menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Ketua FORMI dan semua unsur pemerhati olahraga rekreasi yang terhimpun dalam FORMI atas inisiatif dan upaya yang tidak mengenal lelah membantu dan sekaligus menjadi inspirasi buat masyarakat untuk berolahraga,” katanya.

Menurutnya, pemerintah pada periode  Kabinet Indonesia Maju memprioritaskan pembangunan sumber daya manusia di segala sektor. Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan kepada seluruh kabinet untuk mendorong pembangunan sumber daya manusia di segala sektor agar segera diwujudkan, termasuk di Kemenpora.

“Karena itu, kita akan terus mendorong masyarakat agar lebih giat untuk berolahraga karena dengan olahraga fisik menjadi bugar, sehat apalagi kalau di olahraga rekreasi kita bisa sehat, bugar dan bisa bergembira. Uniknya di olahraga rekreasi tidak ada batas usia,” katanya.

Menpora berharap, untuk Fornas selanjutnya para  pesertanya makin bertambah dan makin banyak serta pemerintah akan memberikan dukungan yang dibutuhkan.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor menyatakan, Fornas V ini merupakan wadah untuk mengajak masyarakat Indonesia agar lebih gemar berolahraga. Membudayakan olahraga, agar tubuh sehat secara jasmani dan rohani.

“Apapun olahraganya baik untuk kesehatan. Dengan ini pulalah, yang menjadikan warga Indonesia semakin produktif. Olahraga bukan hanya untuk orang dewasa, sejak kecil pun olahraga harus digiatkan. Sehingga semua warga negara memiliki kesehatan dan kebugaran,” katanya. (R/LM/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)