Menpora Buka Pertandingan Perdana “Olahraga Elektronik”

Jakarta, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga () Imam Nahrawi resmi membuka pertandingan perdana atau olahraga elektronik sekolah pertama dan terbesar di Indonesia.

Peresmian pertandingan bertajuk Youth National Esports Championship 2019 digelar di Wisma Menpora, Jakarta, Selasa (29/1).

“Dengan me-launching Esports masuk ke sekolah, tentu saya berharap ke peserta untuk menyiapkan diri dengan baik, dan jadikan Esports masa depan kita, membanggakan keluarga dan Indonesia,” kata Nahrawi.

Pertandingan yang merupakan rangkaian dari program Esports Goes to School ini digelar oleh perusahaan pengembang Garena Indonesia yang didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bekerja sama dengan sejumlah sponsor.

Menurut Nahrawi, Esports Goes to School juga menjadi ajang mencari calon atlet yang diproyeksikan untuk menjadi pelapis atlet senior yang akan bertanding pada kejuaraan even olahraga.

“Karenanya ke depan dalam konteks pembudayaan dan pengembangan, Esports akan bekerjasama dengan kementerian terkait agar di masing-masing sekolah terfasilitasi. Ini sesuatu prospek memberi harapan masa depan olahraga maupun konteks prestasi olahraga,” jelasnya.

“Terpenting lagi, ini adalah bukan semata-mata bermain, tapi diajarkan mereka menjaga diri, kebugarannya, nutrisi, gizi, kesehatannya, saling menghormati dan menjaga sportifitas. Inilah sesungguhnya esensi olahraga. Mereka ini bekerjasama dan menjaga fisik. Butuh rileks dan latihan,” tambahnya.

Project manager dari event tersebut Wijaya Nugroho menjelaskan, pertandingan Esports sekolah pertama dan terbesar di Indonesia ini akan dilangsungkan di 11 provinsi, 22 kota, di mana sebanyak 600 sekolah tingkat SMP dan SMA akan bertanding dalam game Arena of Valor (AOV) dan Free Fire.

“Pemenang dari masing-masing sekolah kemudian akan melanjutkan pertandingan ke tingkat kota, regional dan terakhir ke tingkat nasional untuk memperebutkan Piala Menpora pada September mendatang,” jelasnya.

Setelah membuka pertandigan olahraga elektronik ini, Menpora sempat main bareng dengan para gamer AOV.

Esports (electronic sports) sendiri merupakan pertandingan olahraga elektronik di mana atlet bertanding secara online melalui media elektronik seperti komputer maupun telpon genggam.(L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)