Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menpora Harap PON XXI 2024 Aceh-Sumut Sukses

Habib Hizbullah Editor : Widi Kusnadi - Jumat, 12 Juli 2024 - 12:57 WIB

Jumat, 12 Juli 2024 - 12:57 WIB

16 Views

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyampaikan harapannya agar pelaksanaan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) pada 8 hingga 20 September 2024 mendatang bisa berjalan sukses di empat aspek utama. (Photo: Kemenpora)

Jakarta, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyampaikan harapannya agar pelaksanaan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) pada 8 hingga 20 September 2024 mendatang bisa berjalan sukses di empat aspek utama.

“Dan saya titipkan kepada PB PON khususnya kepada Pj. Gubernur Aceh dan Pj. Gubernur Sumut, semoga PON XXI ini menjadi PON yang bersejarah karena pertama kali diadakan di dua provinsi dan semoga bisa menjadi pilot project dan PON perdana 2 provinsi yang sukses,” kata Menpora Dito saat menyaksikan penandatanganan di Media Center Kemenpora, Jakarta, Kamis (11/7).

“Dengan perjanjian kerjasama ini kami berharap semua pihak dapat bekerjasama saling mendukung dan bersinergi untuk mewujudkan PON yang sukses, khususnya sukses dalam empat aspek yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi daerah dan sukses administrasi,” imbuh Menpora Dito.

Menpora Dito menyampaikan pihaknya akan membentuk satgas pengawalan penyelenggaraan PON XXI 2024 Aceh-Sumut, yang di dalamnya terdapat beberapa unsur terkait untuk mengawal penggunaan APBN secara akuntabel.

Baca Juga: 150 Atlet Jelajahi Sabang pada “Aceh International Orienteering”

“Di dalamnya nanti akan ada K/L terkait, Kejagung, BPKP, KPK, Kapolri dan Kejaksaan. Ini untuk mengawal dan menjaga postur penggunaan APBN. Untuk APBD dibentuk juga tim oleh Kemendagri untuk mengontrol pemakaian dan pengeluaran APBD,” ujarnya.

Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman turut menyampaikan terima kasih kepada Menpora Dito, atas dukungan percepatan agar akuntabilitas PON XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 semakin lebih baik dari sebelumnya.

“PON XXI Aceh-Sumut ini tinggal 59 hari lagi oleh karenanya diperlukan kerja cepat dan selesai pada waktu yang ditentukan. Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan tinggi atas pendampingan dari Kabareskrim, Kejagung dan juga LKPP dan BPKP sehingga kami berusaha tidak meninggalkan masalah setelah PON XXI ini selesai. Terima kasih Mas Menteri atas dukungan percepatannya,” kata Marciano.

“Untuk tes eventnya sendiri akan dilakukan di bulan Agustus 2024 karena kita berharap akhir Juli 2024 venue-venuenya bisa selesai sehingga bisa melakukan test event pada awal Agustus. Sebelumnya, kita akan undang seluruh technical delegate untuk datang ke Aceh dan Sumut untuk meyakinkan bahwa venue yang ada telah sesuai speknya,” urainya.

Baca Juga: Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Usai Tahan Imbang Arab Saudi

Ketua PB PON XXI 2024 Aceh-Sumut wilayah Sumatera Utara yang juga Pj. Gubernur Sumut, Agus Fatoni menjelaskan, untuk kegiatan PON XXI di Sumatera Utara akan berjalan sesuai jadwal.

“Jadi keseluruhan itu, untuk kegiatan di Sumut insya Allah sesuai dengan rencana. Venue semua sedang berproses yang paling besar di Stadion Utama, rumput sudah ditanam dan sudah berproses dan pembangunan fisik insya Allah akhir Juli ini sudah selesai,” ujarnya.

“Untuk empat sukses ini Kemendagri mengawal langsung untuk administrasi dan keuangan. PB PON Sumut itu ketua umumnya adalah Gubernur Sumut, Wakil Ketuanya pangdam, kapolda, kajati dan sekda didalamnya ada unsur TNI, Polri, kejaksaan dan BPKP. Ini untuk memastikan semua sukses tadi bisa terjamin,” paparnya.

Ketua PB PON XXI 2024 Aceh-Sumut wilayah Aceh yang juga Pj. Gubernur Aceh Bustami Hamzah menyampaikan, pihaknya akan menjalankan arahan-arahan sesuai aturan dan ikhlas.

Baca Juga: Timnas Indonesia Imbangi Arab Saudi 1-1

“Sukses administrasi itu gampang sebenarnya, terutama ikuti aturan, laksanakan dengan ikhlas. Insya Allah semua kita selamat yang penting niatnya harus ikhlas. Kami akan ikuti aturan laksanakan dengan baik,” katanya.

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Jay Idzes Jadi Kapten Timnas Indonesia Hadapi Arab Saudi

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
Indonesia
MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
Indonesia
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia