Menristekdikti Sambut Wakil Perdana Menteri Oman Dalam KTT IORA

Menteri Riset, Teknologi, dan Tinggi () Mohamad Nasir, bersama YM Dr. Yahya Bin Mahfoodh Bin Salim Al-Manthri, Ketua Dewan Negara Kesultanan Oman, sebagai .

Jakarta, 8 Jumadil Akhir 1438/ 7 Maret 2017 (MINA) – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, menyambut YM Dr. Yahya Bin Mahfoodh Bin Salim Al-Manthri, Ketua Dewan Negara Kesultanan Oman, sebagai Wakil Perdana Menteri Oman dalam KTT IORA 2017, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (7/3).

“Kami memiliki keinginan Indonesia dan Oman, dapat meningkatkan dalam bidang Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi,” katanya.

Mohamad Nasir menambahkan, Indonesia, yang mempunyai sekitar 4400-an Perguruan Tinggi di Indonesia, di mana beberapa di antaranya telah menerapkan ‘bi-lingual languages’ dan masuk dalam peringkat kelas dunia, sangat siap untuk menerima mahasiswa/i Oman guna belajar ke Indonesia.

Baca Juga:  Sebanyak 20 Bus Salawat Ramah Lansia dan Disabilitas untuk Jamaah Haji Indonesia

Melalui keanggotaan Indonesia dan Oman dalam IORA dalam konteks kerjasama regional, maupun melalui kerjasama bilateral Indonesia-Oman, perlu ditingkatkan kerjasama RistekDikti antar dua Negara.

Pada kesempatan itu, Menristekdikti secara ringkas juga mempromosikan kemajuan-kemajuan Iptek dan Inovasi, yang telah dicapai oleh tujuh Lembaga Penelitian Non Kementerian (LPNK), seperti LIPI, BPPT, LAPAN, BATAN, BAPETEN, BIG, BSN dan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Promosi ini disambut baik oleh YM Dr Yahya, yang menyatakan ketertarikannya untuk menjajagi kerjasama antara lain dalam bidang kesehatan dan pertanian. Duta Besar Oman untuk Indonesia, yang juga turut hadir malam itu, mengatakan bahwa produksi kurma dari Oman merupakan salah satu yang terbaik di dunia saat ini.

Baca Juga:  MINA Talks Malam Ini: Serangan Israel ke Rafah, Puncak Kejahatan Kemanusiaan

Pertemuan singkat ini diakhiri dengan undangan kepada Menristekdikti Mohamad Nasir untuk melakukan kunjungan kerja ke Kesultanan Oman dimasa yang akan datang, guna meningkatkan kerjasama Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi antara Indonesia dengan Oman.

Perhelatan KTT IORA (Indian Ocean Rim Association) yang akan dilangsungkan Selasa 7 Maret 2017, dihadiri oleh sejumlah Kepala Negara anggota IORA dan Mitra Dialog IORA, maupun perwakilannya. (T/R12/RS1)

Miraj Islamic News Agency/MINA

Wartawan: Admin

Editor: illa

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.