Mensos dan Ketua DPR Kunjungi Lokasi Bencana Alam Brebes

Mensos Idrus Marham (baju coklat) dan Ketua DPR RI Bamsoet (baju putih) saat mengunjungi lokasi bencana alam tanah longsor di Brebes (Foto: MINA/Zaenal Muttaqin)

Brebes, MINA – Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham, Selasa (27/2) mengunjungi daerah  bencana tanah longsor yang terjadi di Desa Pasirpanjang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

Mensos yang meninjau ke lokasi bencana longsor tersebut bersama Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), Selasa (27/2) juga menyerahkan sejumlah bantuan untuk para korban bencana di Kabupaten Brebes.

“Saya sangat berduka dengan bencana tanah longsor ini, terlebih bencana tanah longsor ini telah mengakibatkan 11 korban meningggal  dunia dan 7 orang masih belum diketemukan,” ujar Idrus.

Mensos menyerahkan bantuan untuk penanganan bencana alam di Kabupaten Brebes sebesar Rp 1,163 milyar dalam beberapa bentuk, yang diserahkan langsung kepada para korban dan juga kepada Bupati Brebes Hj Idza Priyanti.

“Bantuan ini ada santunan untuk para korban baik yang meninggal dunia maupun yang luka-luka atau lainnya, juga mobil dapur umum. Kami sampaikan bantuan ini juga mengingatkan bahwa mereka tidak sendirian menghadapi bencana, tapi semuanya kita-kita juga ikut merasakannya dan memberikan uluran bantuan, maka hendaklah tetap semangat,” jelas Idrus.

 

Ketua DPR

Sementara itu Ketua DPR RI Bamsoet mengatakan, Pemerintah Kabupaten Brebes telah menetapkan masa tanggap darurat dari 22 Februari-7 Maret mendatang. Diharapkan, selama masa tanggap darurat ini, berbagai unsur pemerintah seperti BNPB, Kementerian Sosial dan pihak terkait lainnya bersama-sama ikut mengatasi musibah ini, agar masyarakat dapat secepatnya kembali beraktivitas seperti sebelumnya.

“DPR sebagai lembaga legislatif fungsinya adalah memastikan eksekutif dalam hal ini Kementerian Sosial dapat segera melakukan langkah-langkah penanganan bencana,” katanya.

DPR juga yakin, Mensos Pak Idrus Marham mampu mengatur dan mengkoordinir pendistribusian bantuan secara cepat dan tepat. Sehingga akan mengurangi beban warga yang terkena musibah bencana alam.

Bamsoet mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk selalu menjaga alam dan lingkungan sekitar. Keasrian dan kelestarian alam merupakan hal yang penting dalam terciptanya keseimbangan hidup.

Menjaga kelestarian alam adalah cara terbaik agar terhindar dari bencana. Menjaga jaga alam dan lingkungan sekitar agar terus dilakukan.

“Karena keharmonisan hidup bukan hanya antara sesama manusia saja, melainkan juga dengan alam dan lingkungan sekitar,” tandas Bamsoet.

Kunjungan Mensos Idrus Marham dan Ketua DPR RI Bamsoet juga disertai anggota DPR RI Agung Widyantoro yang juga asal Kabupaten Brebes dan anggota rombongan lainnya. Menerima dan mendampingi kujungan tersebut Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti, Kapolres Brebes AKBP Sugiarto dan Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono dan beberapa pejabat lainnya. (LL/B05/P1)

Miraj News Agency (MINA)