Mensos Idrus Marham Motivasi Calon Pengabdi Negara

() .(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham memberikan bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebagai pengabdi negara.

Pada pembukaan Orientasi Kerja Instansi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Sosial di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial di Jakarta, Senin (5/3), Mensos Idrus menyebutkan motivasi pertama adalah dengan menanamkan niat yang menjadi ideologi dan semangat perjuangan.

Menurutnya, apabila niat menjadi motivasi, maka ini akan menjadi dorongan untuk berbuat yang terbaik.

“Paling mendasar adalah bagaimana niat Saudara. Kalau niatnya tidak jelas, maka arah ke depan tidak jelas. Pastikan niat Anda adalah panggilan pengabdian kepada bangsa. Tanamkan dan yakini itu,” kata Idrus.

Setelah niat, Mensos menekankan agar setiap CPNS merenungkan dan mengenal siapa dirinya, apa saja kemampuan, kekuatan, kelebihan dan kekurangannya, serta modal sosial apa yang dimiliki.

Dengan mengenali diri sendiri, seorang CPNS dapat menentukan target pekerjaan ke depan serta bagaimana mewujudkannya sebab hakikat manusia hidup harus memiliki target.

“Lulus sebagai CPNS bukan berarti jalan Anda sebagai pegawai di Kementerian Sosial akan mudah dan mulus. Ujian terberat adalah justru setelah diterima menjadi pegawai negeri, ketika terjun ke masyarakat. Di situ kita diuji seumur hidup lewat berbagai penjuru,” terang Idrus.

Oleh karena itu, lanjut dia, tanamkan motivasi yang kuat, pastikan target, berani memulai langkah dan berani memperjuangkan sampai sukses.

Sebanyak 156 CPNS Kementerian Sosial menjalani orientasi selama tiga hari sejak 5-7 Maret 2018. Selanjutnya pada tanggal 8 Maret 2018, para CPNS akan diantarkan menuju ke unit kerja masing-masing sesuai penempatannya.(L/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)