Menteri Agama: 2021, UEA Minta Indonesia Kirim 200 Imam Masjid

Jakarta, MINA – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengungkapkan, sejumlah negara di Timur Tengah mencoba mengadopsi moderasi Islam yang diterapkan di Indonesia. Hal ini karena kearifan akhlak dari alim ulama di Indonesia.

Dia mengatakan, beberapa di antaranya, seperti Uni Emirat Arab dan Afghanistan, bahkan telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) untuk mengirim ratusan imam masjid ke negara mereka.

“Di Uni Emirat Arab sekarang ada sekitar 20 imam masjid dari Indonesia. Tahun 2021 mereka meminta 200 imam. Ini sangat luar biasa lompatannya,” kata Fachrul Razi dalam Dialog Bersama Praktisi Media di Jakarta, Kamis (17/12).

Menurut Fachrul Razi, alasan Uni Emirat Arab meminta lebih banyak imam masjid dari Indonesia karena cerminan akhlak yang mereka tampilkan. Imam masjid dari Indonesia, kata Fachrul Razi, senang menyebarkan Islam yang rahmatan lil alamin di negara lain.

“Ketika saya tanya mengapa dari Indonesia? Mereka jawab, imam masjid dari Indonesia pasti akhlaknya baik. Islam yang disebarkan adalah Islam yang rahmatan lil alamin, masih banyak lagi. Dan ini menjadi tugas Bimas Islam untuk menjaga kepercayaan dari mereka,” katanya.

Sementara Afghanistan, kata Fachrul Razi, juga menjalin kerja sama serupa, meminta Pemerintah Indonesia untuk bisa berkenan mengirimkan ulama ke negeri mereka.

“Mereka bilang Indonesia beragam, tetapi sangat kompak karena pengembangan Islam yang rahmatan lil alamin, di tempat kami (Afghanistan) selama 27 tahun kerukunan tidak pernah selesai. Sebab itulah mereka meminta ulama dari Indonesia bisa ke negeri mereka,” kata Fachrul Razi. (L/R2/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)