Menteri Agama Buka Halaqah Ulama ASEAN 2017

Lukman Hakim Saifuddin saat membuka acara. Foto: Royhanul Iman/MINA

Jakarta, MINA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berkesempatan membuka acara Halaqah Ulama ASEAN 2017 yang diselenggarakan pada Selasa, 17 Oktober, hingga Kamis, 19 Oktober 2017 di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta.

“Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirrahim, Halaqah Ulama ASEAN tahun 2017 resmi dibuka,” kata Lukman dalam pembukaan acara.

Ia menambahkan, forum internasional tersebut mengangkat tema “Memperkuat Daya Saing Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di ASEAN” dan dihadiri peserta aktif sebanyak 150 orang.

“Tentu tema ini dipilih karena memang tantangan kita saat ini kedepan tidak semakin ringan dibanding dengan tantangan yang dihadapi pendahulu kita di masa lalu,” katanya.

Acara ini juga dimaksudkan untuk memperluas hubungan para pelaku pendidikan Islam dari seluruh negara ASEAN yang hadir, seperti ulama, pengurus lembaga, akademisi, dan lain-lain.

Menurut Lukman, di era berkemajuan informasi dan teknologi ini semakin membuat tantangan umat Islam kedepan semakin sulit, meski banyak sisi-sisi positif yang baik untuk diambil seperti kemudahan berkomunikasi.

Terlebih masalah-masalah yang terjadi di dunia saat ini sangat memperihatinkan, dan kewajibam umat Islam adalah ikut andil dalam menyelesaikan itu, karena sesungguhnya Islam adalah Rahmatan Lil Alamin.

Ia menambahkan, banyak konflik di berbagai negara dinilai berlatang belakang oleh agama, dan Islam disudutkan, untuk itu peran ulama, dan pendidian Islam juga sangat diperlukan dalam upaya merubah citra tersebut.

“Kewajiban kita untuk mengembalikan ajaran dan nilai-nilai Islam kepada esensi, substansi seungguhnya. Menjaga melindungi harkat martabat kemanusiaan sesama, bukan sebaliknya sebagai alat, l menafikan antar kita atau bahkan saling meniadakan satu lain,” katanya. (L/R08/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.