Menteri Agama Imbau Masyarakat Jangan Sebarkan Info Hoax

Jakarta, 30 Rabi’ul Awwal 1438/30 Desember 2016 (MINA) – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengimbau masyarakat untuk tidak terpengaruh dan ikut menyebar informasi hoax yang belakangan marak di sosial media.

“Saya berharap kalau kita menerima hal seperti itu, kita hentikan sampai di tangan kita, dan kita tidak sebarluaskan lagi,” ujarnya dalam acara Refleksi Akhir Tahun Kementerian Agama di Masjid Al-Munir Jakarta Selatan, Jumat (30/12). Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Ia menambahkan, sebagai seorang muslim, patutnya harus memeriksa kembali segala informasi yang didapat sesuai ajaran Islam yang terdapat di dalam Q.S. Al-Hujurat ayat 6.

“Kita harus terbiasa melakukan tabayun,” tambahnya.

Menurut Lukman, jika kita menyebarkan informasi palsu, dan berasal dari sumber yang tidak jelas, maka kita  termasuk dari orang-orang yang berdosa dan fatal akibatnya.

Ia juga meminta masyarakat agar dapat kritis menggunakan sosial media. “Semua postingan yang tidak jelas sumbernya, jangan disebarluaskan kembali, dan harus berhenti di tangan kita. Jangan menjadi bagian yang ikut menyebarluaskan hal-hal yang tidak jelas,” tutupnya. (L/R08/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)