Menteri Agama : PTN Islam Harus Amalkan Syariat Islam

Takengon, Aceh Tengah, MINA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, Perguruan Tinggi Islam () harus mengamalkan nilai-nilai .

Pernyataan tersebut Lukman sampaikan saat memberikan sambutan pada acara peresmian Gedung SBSN STAIN Gajah Putih, Takengon, Aceh Tengah, Rabu (28/02).

Lukman dalam sambutannya meminta kepada seluruh Civitas Akademika STAIN Gajah Putih mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan kampus.

“Nilai-nilai tersebut terinternalisasi dalam sebuah tindakan, kebijakan dan semua hal,” ujarnya.

Menurut Lukman, nilai Islam pada sebuah perguruan tinggi merupakan ruh yang harus ada. Perguruan tinggi bukanlah sebuah sekolah-sekolah di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah atau Madrasah.

Lukman menerangkan, STAIN Gajah Putih Takengon adalah Perguruan Tinggi Keagamaan. Artinya bahwa nilai nilai religiusitas, agamis dan spiritualitas dari setiap aktivitas civitas akademika harus muncul setiap saat, setiap waktu.

Menurutnya, setelah perguruan tinggi dan keagamaan, STAIN Gajah Putih menyandang variabel Islam, maka Islam yang seperti apa yang ingin didakwahkan oleh STAIN Gajah Putih. Tentunya yang menjadi identitas PTKIN adalah Islam wasathan atau Islam rahmatan lil ‘alamin (rahmat bagi seluruh alam-red).

Lukman menjelaskan, hakikat dari kehidupan beragama di Indonesia itu ialah berkeindonesiaan dan berkeindonesiaan adalah wujud dari pengamalan agama yang Indonesia anut. Untuk itu, beragama dan ber-Indonesia tidak bisa dipisahkan, meskipun hal ini bisa dibedakan.

Lukman merincikan gedung tersebut bernilai lebih besar dari gedung yang sudah dibangun dari sisi pembiayaan.

Untuk itu, Lukman mendesak agar Ketua STAIN Gajah Putih mempercepat proses lelang perencanaan dan segala sesuatu agar proses pembangunan berjalan lebih cepat sesuai waktu yang sudah direncanakan. (L/B04/P3/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)