Menteri Keamanan Somalia: Serangan Udara Bunuh Orang Nomor Dua ISIS Somalia

Kendaraan yang diduga milik ISIS Somalia hancur oleh serangan udara di Puntland, Somalia, Ahad, 14 April 2019. (Foto: AP)

Puntland, Somalia, MINA – Sebuah serangan udara menewaskan orang nomor dua kelompok Islamic State (ISIS) di Somalia, kata Menteri Keamanan Abdisamed Mohamed Galan di wilayah barat laut Puntland, Somalia, yang diumumkan Ahad (14/4).

“Serangan udara terjadi di dekat desa Hiririo di distrik Iskushuban, wilayah Bari sore ini di mana Komandan Abdihakim Dhoqob dan seorang rekannya yang dicurigai bepergian dengan sebuah mobil,” kata Galan, demikian Al Arabiya melaporkan.

Berbicara dari pelabuhan Bokasso, Galan tidak mengatakan siapa yang melancarkan serangan.

ISIS di Somalia jauh lebih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan kelompok pejuang saingannya, Al-Shabaab.

Amerika Serikat (AS) mengatakan pada Rabu (10/4), mereka melanjutkan serangan udara terhadap Al-Shabaab dan sebelumnya telah menargetkan kedua kelompok itu.

Muse Abdiweli, seorang tokoh di desa terdekat, mengkonfirmasi serangan itu.

“Ada ledakan besar dan beberapa ledakan kecil. Orang-orang yang pergi ke lokasi serangan kemudian melihat sebuah kendaraan hancur total dengan bagian tubuh manusia hancur berkeping-keping,” katanya.

Amnesty International telah mengkritik serangan drone AS dan serangan udara di Somalia, yang bulan lalu dilaporkan menyebabkan 14 warga sipil tewas dalam hanya lima serangan udara dari total 110 ledakan rudal.

Pasukan AS mengatakan pada 5 April, dua warga sipil telah tewas dalam serangan udara mereka di Somalia. Itu pertama kalinya AS mengakui kematian non-pejuang sejak meluncurkan gelombang rudal yang menargetkan pejuang bersenjata di Somalia. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)