Menteri Kebudayaan Ajak Muslim Cina Ambil Studi Islam di Turki

Human Kurtumulus dan Mufti Musa Cin. (Foto: AA)

Shanghai, MINA – Menteri Kebudayaan dan Pariwisata , Jumat (20/4), menyarankan dan menganjurkan bisa belajar ilmu Islam di universitas-universitas di negaranya.

“Kami dapat mengirim mushaf Al-Quran dan buku-buku hadis (catatan tradisi atau ucapan Nabi Muhammad). Muslim Cina yang ingin belajar Islam dapat mendaftar di program sarjana dan pascasarjana di fakultas ilmu agama di Turki,” kata Numan Kurtulmus di Shanghai selama pertemuan dengan mufti kota, Musa Cin.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turki pada Jumat menekankan kerja sama dengan Muslim di Cina, mengusulkan peluang pendidikan di Turki, Anadolu Agency melaporkan.

“Kita adalah anggota keluarga lebih dari 1,5 miliar Muslim di seluruh dunia. Kita harus berbicara satu sama lain lebih banyak, kita harus lebih memahami budaya dan warisan masing-masing,” kata Kurtulmus kepada Cin di Masjid Xiaotaoyuan.

Mufti Shanghai, pada kesempatannya, menggarisbawahi hubungan erat antara kedua negara.

“Ada delapan masjid dan sekitar 200.000 Muslim di kota Shanghai,” ujarnya.

Muslim terdiri dari 10 dari sekitar 56 etnis minoritas di China. Hui (Muslim Cina), yaitu Uyghur, Kyrgyz, Kazakh, Tajik, Tatar, Uzbek, Salar, Bao’an, dan Dongshiang. Mereka kebanyakan tinggal di Cina utara dan barat laut. (T/R11/R01)

Miraj News Agency (MINA)