Menteri Kerja Sama Israel: Kami Miliki Hubungan dengan Semua Negara Arab

Tel Aviv, MINA – Menteri Kerja Sama Regional Israel Issawi Frej mengatakan, setiap negara Arab memiliki hubungan langsung atau tidak langsung dengan negara pendudukan.

“Kami memiliki hubungan langsung dan tidak langsung dengan setiap negara Arab di Timur Tengah, bahkan negara-negara yang bermusuhan,” kata anggota parlemen Arab Israel itu, demikian MEMO melaporkan, Selasa (19/10).

“Saya melihat di cakrawala jauh bahwa semua negara di Timur Tengah akan berada dalam satu kesatuan,” tambahnya.

Ia juga memperkirakan, Qatar, Tunisia, Oman dan Malaysia akan menormalkan hubungan dengan Israel di bawah apa yang disebut Kesepakatan Abraham.

Pejabat Israel itu mengatakan kepada situs berita web Emirati Erem News bahwa 250.000 warga Arab Israel telah mengunjungi UEA selama enam bulan terakhir.

“Kesepakatan Abraham adalah peristiwa bersejarah dan titik balik di seluruh wilayah,” ujarnya.

Issawi mengatakan, mereka telah menyebabkan gerakan dan dinamisme di tingkat komersial, strategis dan politik, setelah periode stagnasi.

Menurut Ynet News, seorang diplomat senior Israel mengatakan bahwa Israel sedang dalam pembicaraan untuk menormalkan hubungan dengan Komoro, kepulauan di lepas pantai timur Afrika.

Pada tahun 2013, Komoro melakukan tindakan hukum terhadap Israel di Mahkamah Internasional di Den Haag atas kematian warga negara Turki di kapal Mavi Marmara, yang merupakan bagian dari Armada Kebebasan yang mencoba membuka blokade Israel atas Gaza pada tahun 2010. (T/R6/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)