Menteri Perminyakan Mesir Kunjungi Israel Bicarakan Kerjasama Energi

Yerusalem, MINA – Menteri Perminyakan Mesir Tariq Al-Mulla tiba di Israel pada hari Ahad (21/2) untuk pembicaraan tentang meningkatkan kerjasama bilateral di bidang energi, surat kabar Yedioth Aharonoth melaporkan.

Dikutip dari Anadolu Agency, kunjungan Al-Mulla adalah yang pertama dilakukan oleh seorang menteri Mesir ke Israel dalam lima tahun terakhir.

Menteri Mesir itu Bersama pejabat energi Israel dan perwakilan perusahaan energi akan membicarakan cara meningkatkan kerjasama, terutama di bidang penggalian gas alam.

Al-Mulla rencananya akan bertemu dengan pejabat tinggi Israel selama kunjungannya, termasuk Presiden Reuven Rivlin, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, dan Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi.

Menurut saluran i24news Israel, ia juga akan mengunjungi ladang gas Leviathan di Mediterania.

Al-Mulla juga akan mengunjungi Ramallah untuk berbicara dengan para pejabat Palestina, harian Egypt Independent melaporkan.

Tidak ada komentar dari otoritas Mesir atas laporan tersebut.

Pada Januari 2020, Mesir mulai mengimpor gas Israel di bawah perjanjian yang dengannya Israel mengekspor 85 miliar meter kubik ke Kairo selama 15 tahun ke depan. (T/R7/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)