Menyusuri Jejak Islam di India

Oleh: , sejarawan

Saat ini, ada lebih dari 500 juta Muslim di seluruh benua (India, Pakistan, dan Bangladesh), menjadikannya salah satu pusat populasi Muslim terbesar di dunia.

Sejak pertama kali masuk ke India, telah memberikan kontribusi besar bagi wilayah ini dan penduduknya. Saat ini, banyak teori tentang bagaimana India menjadi negeri yang sebagian besar penduduknya Muslim.

Secara politis, beberapa kelompok, seperti gerakan Hindutva di India, mencoba membuat Islam tampak asing di sana, dengan menegaskan bahwa Islam hanya ada karena invasi oleh Muslim Arab dan Persia. Namun, kebenarannya jauh dari itu.

Sejarah awal

Jauh sebelum kehidupan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam di tahun 600-an, para pedagang Arab berhubungan dengan India. Para pedagang secara teratur berlayar ke pantai barat India untuk berdagang barang-barang seperti rempah-rempah, emas, dan barang-barang Afrika.

Secara alami, ketika orang-orang Arab mulai memeluk Islam, mereka membawa agama baru mereka ke pesisir pantai India. Masjid pertama India, Masjid Cheraman Juma, dibangun pada 629 masehi di Kerala, oleh Muslim pertama dari India, Cheraman Perumal Bhaskara Ravi Varma.

Melalui perdagangan yang berkelanjutan antara Muslim Arab dan India, Islam terus menyebar di kota-kota pesisir India, baik melalui imigrasi maupun konversi.

Muhammad bin Qasim

Ekspansi besar pertama Islam ke India terjadi pada masa Dinasti Umayyah, yang bermarkas di Damaskus. Pada 711 masehi, Bani Umayyah menunjuk seorang pemuda berusia 17 tahun dari Ta’if untuk memperluas kendali Bani Umayyah ke Sindh: Muhammad bin Qasim.

Sindh adalah tanah di sekitar Sungai Indus di bagian barat laut anak benua itu, di Pakistan sekarang. Muhammad bin Qasim memimpin pasukannya yang terdiri dari 6.000 prajurit ke ujung Persia, Makran.

Dia menghadapi sedikit perlawanan ketika dia masuk ke India. Ketika dia mencapai kota Nerun, di tepi Sungai Indus, dia disambut ke kota oleh para biksu Buddha yang mengendalikannya.

Sebagian besar kota di sepanjang Indus secara sukarela berada di bawah kendali Muslim, tanpa pertempuran. Dalam beberapa kasus, minoritas Buddha yang tertindas meminta pasukan Muslim melindungi dari Gubernur Hindu.

Terlepas dari dukungan dan persetujuan sebagian besar penduduk, Raja Sindh, Dahir, menentang ekspansi Muslim dan mengerahkan pasukannya melawan Muhammad bin Qasim. Pada 712 masehi, kedua pasukan bertemu, dengan kemenangan yang menentukan bagi umat Islam.

Dengan kemenangan itu, semua Sindh berada di bawah kendali Muslim.

Penting untuk dicatat, bagaimanapun, populasi Sindh tidak dipaksa untuk masuk Islam sama sekali. Bahkan, untuk hampir semua orang, tidak ada perubahan dalam kehidupan sehari-hari.

Muhammad bin Qasim menjanjikan keamanan dan kebebasan beragama bagi semua umat Hindu dan Buddha di bawah kendalinya. Sebagai contoh, kasta Brahman melanjutkan pekerjaan mereka sebagai pemungut pajak dan biksu Budha terus mempertahankan biara mereka.

Karena toleransi dan keadilan agama, banyak kota secara teratur menyambut Ibnu Qasim dan pasukannya dengan tarian dan musik tradisional.

Pola penyebaran

Gelombang berturut-turut pasukan Muslim yang menembus ke India mengikuti pola yang sama. Para pemimpin seperti Mahmud dari Ghazni dan Muhammad Tughluq memperluas wilayah Islam tanpa mengubah tatanan sosial atau keagamaan masyarakat India.

Karena India pra-Islam sepenuhnya didasarkan pada sistem kasta di mana masyarakat dipecah menjadi bagian-bagian yang terpisah, konversi ke Islam terjadi dalam proses langkah-demi-langkah.

Seringkali, seluruh kasta akan memeluk Islam pada suatu waktu. Ini akan terjadi karena berbagai alasan. Namun, sering kali, kesetaraan yang disediakan Islam lebih menarik daripada rasisme terorganisir dalam sistem kasta.

Dalam sistem kasta, Anda dilahirkan untuk menentukan posisi Anda dalam masyarakat. Tidak ada kesempatan untuk mobilitas sosial atau mencapai lebih dari apa yang dicapai orang tua Anda.

Dengan masuk Islam, orang mendapat kesempatan untuk memperbaiki kehidupan sosial mereka di tengah masyarakat, dan tidak lagi tunduk pada kasta Brahman.

Agama Buddha, yang dulunya sangat populer di anak benua, perlahan-lahan mati di bawah pemerintahan Muslim. Secara tradisional, ketika orang ingin melarikan diri dari sistem kasta, mereka akan pindah ke pusat populasi utama dan berpindah ke agama Islam.

Ketika Islam menjadi pilihan, bagaimanapun, orang-orang mulai masuk Islam bukan Budha, sementara masih meninggalkan sistem kasta.

Mitos-mitos Islam yang menghancurkan Buddhisme di India adalah salah. Umat ​​Buddha ditoleransi di bawah pemerintahan Muslim dan tidak ada bukti yang menunjukkan konversi paksa atau kekerasan terhadap mereka.

Para murabi juga memiliki peran besar dalam membawa Islam ke wilayah itu. Para sarjana Muslim melakukan perjalanan ke seluruh India, menjadikannya tujuan mereka untuk mengajarkan orang tentang Islam.

Banyak dari mereka mengajarkan pola pikir sufi, pendekatan yang lebih mistis terhadap Islam yang menarik bagi orang-orang. Para murabi ini memiliki peran besar dalam membawa Islam ke masyarakat di pedesaan, bukan hanya kelas atas di sekitar penguasa Muslim.

Apakah Islam menyebar dengan paksaan?

Beberapa orang mengklaim bahwa populasi besar Islam di India adalah hasil dari kekerasan dan pemaksaan konversi. Tidak ada bukti yang mendukung gagasan ini sama sekali.

Meskipun para pemimpin Muslim menggantikan raja-raja Hindu di sebagian besar wilayah, masyarakat dibiarkan apa adanya. Kisah-kisah konversi paksa sangat sedikit dan seringkali tidak cukup kredibel untuk menjamin diskusi akademik.

Jika Islam menyebar melalui kekerasan dan peperangan, komunitas Muslim saat ini di India hanya akan ada di wilayah yang paling dekat dengan dunia Muslim lainnya. Dengan demikian hanya bagian barat anak benua yang memiliki populasi Muslim.

Justru, yang kami lihat adalah kantong-kantong Islam di seluruh anak benua. Misalnya, Bangladesh dan 150 juta Muslimnya berada di timur jauh, terpisah dari wilayah mayoritas Muslim lainnya oleh tanah Hindu di India.

Komunitas Muslim yang terisolasi juga ada di Myanmar barat, India tengah, dan Sri Lanka timur. Komunitas-komunitas Muslim ini adalah bukti Islam menyebar dengan damai di seluruh India, terlepas dari apakah pemerintah Muslim ada atau tidak di sana.

Jika Islam menyebar dengan paksa seperti yang diklaim beberapa orang, komunitas Muslim ini tidak akan ada.

Kesimpulan

Islam adalah bagian integral dari India dan sejarahnya. Karena anak benua India tetap menjadi tempat yang multietnis dan multiagama, penting untuk memahami posisi Islam di wilayah tersebut.

Klaim beberapa orang yang menganggap Islam sebagai agama penyerbu dan asing bagi rakyat India perlu ditentang dengan kebenaran bahwa penyebaran Islam dilakukan secara damai dan tanpa peperangan di seluruh India. (A/R2/P1)

 

Referensi:

Hodgson, M. The Venture of Islam . 2. Chicago: University of Chicago Press, 1961. Print.

Kennedy, Hugh. The Great Arab Conquests: How the Spread of Islam Changed the World We Live In. Philadelphia: Da Capo Press, 2007. Print.

“World’s second oldest mosque is in India.” Bahrain Tribune 07 06 2006, n. pag. Web. 23 Nov. 2012.

Sumber: Lost Islamic History

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.