MER-C Kirim Bantuan Medis dan Kemanusiaan Tahap Dua untuk Lombok

Jakarta, MINA – Lembaga Kemenusiaan Medical Emergency Rescue Committee () mengirim kemanusiaan tahap dua untuk warga yang terdampak gempa .

Satu truk penuh berisi berbagai bantuan untuk disalurkan bagi korban bencana gempa bumi di Lombok, Selasa (4/9) dini hari diberangkatkan dari Kantor Pusat MER-C di Jakarta.

“Ini adalah bantuan medis dan kemanusiaan tahap dua yang dikirim oleh MER-C melalui jalur darat. Sebelumnya pada pertengahan Agustus 2018 lalu, telah dikirimkan juga berbagai bantuan dan perlengkapan untuk pendirian Rumah Sakit Lapangan yang dibawa oleh truk dan mobil double cabin,” kata Manajer Operasional MER-C Rima Manzanaris.

Pengiriman bantuan dalam rangka menyalurkan donasi amanah dari para donatur yang masuk ke rekening kemanusiaan MER-C. Secara bertahap, sejak awal bencana terjadi, donasi yang ada terus disalurkan dalam bentuk berbagai bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat korban gempa di Lombok.

Bantuan yang dikirimkan terdiri dari obat-obatan khususnya syrup untuk anak-anak, cairan-cairan pembersih luka, 500 paket hygiene kit, 400 terpal, 320 selimut, 250 sarung, 100 kasur, 100 handuk, 100 box masker, 200 tempat penampungan air bersih, kain, jilbab, pakaian bayi, mainan anak, serta 150 mushaf Al-Quran.

Perjalanan bantuan diperkirakan akan memakan waktu selama tiga hari untuk bisa mencapai Posko dan RS Lapangan MER-C yang berada di SMPN 3 Kayangan, Lombok Utara.

Tim relawan MER-C di lokasi juga telah bersiap menerima kedatangan barang bantuan dengan melalukan assessment ke lokasi-lokasi terdampak gempa untuk mendata lokasi yang masih sangat minim bantuan.

Sementara itu, hari ini Tim Lanjutan MER-C yang terdiri dari 9 relawan (4 dokter umum, 2 perawat dan 3 relawan logistik) juga akan bertolak ke Lombok dengan menggunakan jalur udara. Hal ini sebagai bagian dari komitmen jangka panjang MER-C untuk turut serta dalam penanganan bencana di Lombok. Tercatat sebanyak 60 relawan dengan berbagai keahlian telah dikirimkan ke negeri seribu masjid yang kini luluhlantak akibat gempa.

Bantuan terus dilakukan hingga kondisi dan keadaan warga yang terdampak pulih kembali. Adapun bagi donator yang ingin donasi untuk korban gempa bumi Lombok dapat disalurkan melalui: BCA, 686.0099339,BSM, 701.5658.899,BNI Syariah, 303.2000.922, semua rekening atas nama: Medical Emergency Rescue Committee. Untuk info lebih lanjut dapat menggubungi Call Center MER-C Pusat: 0811990176. (L/R10/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.