MER-C, PKS Ajak Masyarakat Indonesia Peduli Krisis Yaman

Tim MER-C melakukan kunjungan ke ke kantor Dewan Pengurus Pusat PKS, MD Building, Pasar Minggu, Jakarta Selasa (05/12).

Jakarta, MINA – Lembaga Kemanusian Kegawatdaruratan Medical Emergency Rescue Committe (MER-C) bersama Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengajak masyarakat untuk meringankan penderitaan yang dialami oleh rakyat Yaman yang sampai saat ini masih menderita akibat krisis perang saudara.

“Silaturahmi ke kantor PKS ini dalam rangka mengajak bersinergi dan menggandeng anak bangsa untuk peduli Yaman,” kata Anggota Presidium MER-C Dr. Sarbini Abdul Murad.

MER-C dalam kunjungannya ke kantor Dewan Pengurus Pusat PKS, MD Building, Jakarta pada Selasa (05/12) mengemukakan rencana program-programnya ke depan di Yaman.

“Ada rencana MER-C di Yaman, pertama mengirim tim advance dan kedua, mendirikan rumah sakit di wilayah Hadramaut, Yaman,” ujarnya.

Mendirikan rumah sakit dengan keadaan Yaman seperti ini adalah momentum tepat sebagai bentuk kepedulian Indonesia terhadap Yaman. Namun, untuk mewujudkan program tersebut perlu dukungan dari banyak pihak, terutama rakyat Indonesia yang selama ini menjadi penyumbang terbesar RSI di Gaza yang diinisiasi MER-C sebelumnya.

Adapun untuk lahan pendirian rumah sakit, sudah ada warga Hadramaut yang akan mewakafkan tanahnya, namun tim MER-C belum melakukan survey ketempat tersebut karena belum mendapat perizinan untuk akses ke sana.

Sementara itu, Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Al-Jufri sangat setuju terhadap rencana MER-C untuk membangun rumah sakit di Yaman.

“Saya setuju MER-C buat rumah sakit di sana,” katanya saat menanggapi kunjungan tersebut.

Ia juga mengapresiasi program MER-C dalam medirikan Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza yang telah selesai, dan kini tengah membangun rumah RSI di Myaung Bwe, Mrauk-U, Negara Bagian Rakhine, Myanmar.

“Tidak hanya PKS, bangsa inipun bangga dengan berdirinya rumah sakit itu. PKS sangat mendukung MER-C untuk membuat rumah sakit di Yaman dan apa yang bisa kita bantu sebagai tokoh-tokoh politik insya-Allah kita siap. Umpamanya menggalang dana,” tambahnya.

Dalam kunjungan ini, tim MER-C terdiri atas anggota presidium Dr. Sarbini Abdul Murad, Pimpinan Proyek Pembangunan RS Indonesia di Myanmar Ichsan Thalib, Idrus M. Alatas dan Rima Manzanaris. (L/R10/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)