MER-C Sayangkan Penanganan Bentrok di Rempang, Batam

Ketua Presidium MER-C

Jakarta, MINA – menyatakan keprihatinan dan menyayangkan tindakan aparat dalam peristiwa bentrokan di Rempang, Batam pada hari Kamis (7/9) yang menimbulkan masalah .

Dalam keterangan tertulisnya, Ketua Presidium MER-C dr. Sarbini Abdul Murad mengatakan hal ini seperti yang pernah terjadi di Kanjuruhan, Malang. saat itu, MER-C turut mengeluarkan pernyataan kemanusiannya.

“Petugas keamanan  seharusnya pelajaran dari peristiwa Kanjuruhan dan kembali menerapkan pola pengamanan serupa di Rempang, Batam,” kata Sarbini.

Untuk itu, sebagai sebuah lembaga sosial kemanusiaan dan kegawatdaruratan medis, MER-C melalui keteranga tertulisnya itu menyampaikan dua hal:

Pertama, pola pengamanan baik pada pertandingan, alasan kepentingan pembangunan atau apapun agar memperhatikan masalah kemanusiaan dan meminimalisir timbulnya korban baik di pihak petugas dan masyarakat;

Baca Juga:  Kuota Terpenuhi, Masyarakat Diimbau Jangan Tertipu Tawaran Berangkat dengan Visa Non Haji

Kedua, protokol pengamanan agar memperhatikan potensi terjadinya masalah-masalah kemanusiaan. World Health Organization (WHO) pun sudah mempunyai prosedur standar dalam Mass Casualty Management dengan memperhatikan martabat manusia dan kemanusiaan yang menghargai nyawa manusia.

Pada hari Kamis (7/9) terjadi bentrokan antara petugas keamanan gabungan dengan warga  Rempang, Batam, Kepulauan Riau (Kepri)

Bentrokan dipicu karena warga tidak menyetujui rencana penggusuran dan pengembangan kawasan yang merupakan kampung adat Masyarakat Melayu. Sebanyak 16 kampung adat di Pulau Rempang dan Pulau Galang, Kepulauan Riau berikut ribuan warganya terancam tergusur oleh rencana pembangunan proyek kawasan wisata, .

Petugas keamanan gabungan merespon keributan ini dengan menembakkan gas air mata ke arah warga, yang mengakibatkan belasan siswa di sekolah yang dekat dengan lokasi kejadian dilaporkan turut menjadi korban dan harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. (T/R7/P2)

Baca Juga:  Serangan Al-Qassam Tewaskan dan Lukai Sejumlah Tentara Israel di Kerem Shalom

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.