Merauke Bisa Jadi Penyuplai Pangan Nasional

, 11 Shafar 1438/11 November 2016 (MINA)- Kabupaten Merauke sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai salah satu nasional. Kekayaan pertanian dan perikanannya luar biasa. Karenanya, bisa jadi penyuplai nasional.

Demikian disampaikan Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo usai bertemu Wakil Bupati Merauke di Merauke, Papua, Jumat (11/11). Dengan menjadi penyuplai pangan nasional, pemerintah tak perlu lagi melakukan impor pangan.

“Di Merauke ada jenis tebu endemik yang sangat bagus sebagai bahan baku produksi gula. Pertanian dan perikanannya juga sangat luar biasa. Jadi, kita berkunjung ke sini untuk mengetahui apa saja kendala yang masih ditemukan sebagai lumbung pangan nasional,” urainya kepada pers sebagaimana dilaporkan Parlementaria.

Otoritas pertanian setempat memaparkan, kendala utama di Merauke adalah infrastruktur pertanian dan alih lahan, dari hutan menjadi areal sawah. Infrastruktur yang dimaksud adalah jaringan irigasi yang belum banyak dibangun.

Sementata alih lahan masih jadi kendala lain di lapangan. Banyak petani di Merauke yang menginginkan kepastian alih lahan agar bisa digarap menjadi areal persawahan. Ini butuh bantuan kementerian terkait agar alih lahan menjadi jelas.

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Wakil Bupati dan jajaran SKPD lainnya, Edhy menegaskan, Merauke bisa jadi kawasan yang hebat dan luar biasa di , karena kekayaan sektor pertanian dan perikanannya.

“Mestinya, kehebatan Merauke ini sudah bisa diangkat sejak lama,” tambahnya.(T/R05/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: bahron

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.