Merkel Apresiasi Kontribusi Turki untuk KTT dan Pengungsi

Foto: Hurriyet Daily News

Turki, 15 Syawwal 1428/9 Juli 2017 (MINA) – Kanselir Jerman Angela Merkeli memuji kontribusi Turki atas keberhasilan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20, sebuah pertemuan kunci dari 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

“Turki dan Presiden (Recep Tayyip) Erdogan menunjukkan banyak komitmen. Dia sangat terlibat dalam keseluruhan agenda pertemuan puncak dan memberikan kontribusinya,” kata Merkel dalam sebuah konferensi pers di akhir pertemuan puncak dua hari di Hamburg, Jerman, pada Sabtu (8/7).

“Kami juga memberikan penghormatan untuk usaha Turki dalam masalah para pengungsi, dan dia juga menekankan kembali upaya ini selama diskusi mengenai migrasi,” tambahnya seperti dimuat Anadolu Agency.

Merkel mengingat pertemuan bilateral yang ia gelar dengan Erdogan pada 6 Juli di sela-sela KTT yang membahas perselisihan politik baru-baru ini antara kedua negara.

“Banyak penangkapan, keseluruhan tindakan di Turki, dan tidak mengizinkan kunjungan ke (pangkalan udara) Incirlik – semuanya adalah perkembangan yang menunjukkan perbedaan yang dalam dan kami tidak menyapu perbedaan-perbedaan itu di bawah meja,” kata Merkel. (R11/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)