Merkel: Jerman Akan Tetap Prioritaskan Keamanan Israel

Tel Aviv, MINA – Kanselir Jerman Angela Merkel dalam kunjungan resmi terakhir ke Israel pada Ahad (10/10) menegaskan Pemerintah Jerman akan tetap memprioritaskan keamanan Israel.

“Keamanan Israel akan menjadi prioritas utama bagi setiap pemerintah Jerman,” ujar Merkel dalam pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett sebelum mengunjungi peringatan Holocaust Yerusalem, Yad Vashem, di Yerusalem, DW News melaporkan.

Perjalanan itu menandai kunjungan kedelapannya selama 16 tahun masa jabatannya. Tahun-tahun kepemimpinan Merkel ditandai dengan dukungan kuatnya untuk Israel.

“Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menekankan bahwa topik keamanan Israel akan selalu menjadi pusat perhatian dan topik utama setiap pemerintah Jerman,” katanya.

Sementara Bennet mengatakan, Merkel adalah teman baik Israel, dan memuji hubungan antara kedua negara.

“Hubungan antara Jerman dan Israel kuat, tetapi dalam istilah Anda, tidak pernah lebih kuat,” kata Bennett.

“Kami berharap dapat lebih memperkuatnya dalam hubungan bisnis, sains, pendidikan, kesehatan, dan tentu saja, dalam keamanan,” tambahnya.

Jerman merupakan mitra dagang terbesar Israel di Eropa dan pemerintah Jerman telah memberikan dukungan kepada Israel selama perang dan krisis diplomatik. (T/R6/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)