MESIR AKAN KEMBALIKAN 500 JUTA DOLAR KE QATAR BULAN INI

Gubernur bank sentral Mesir Hisham Ramez. Foto: Reuters
Gubernur bank sentral Hisham Ramez. Foto: Reuters

, 15 Dzulhijjah 1435/8 Oktober 2014 (MINA) – Mesir akan mengembalikan uang pinjaman sebesar 500 juta dolar dari yang diberikan tahun lalu pada masa presiden Muhamad Mursi.

Gubernur Bank Sentral Mesir, Hisham Ramez, mengatakan, Rabu, Qatar belum meminta pengembalian deposit 2,5 miliar dolar lainnya yang jatuh tempo pada November mendatang.

Dia menambahkan bahwa Bank Sentral akan mengganti uang tersebut jika pemerintah Qatar memintanya, harian Ahram Mesir yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan.

Qatar memberikan deposit sebesar 7,5 miliar dolar ke Mesir pada masa pemerintahan presiden Mesir terguling Muhamad Mursi, namun hubungan kedua pihak agak renggang setelah militer menggulingkan presiden demokrasi pertama Mesir itu, Mursi.

Doha telah menolak memperbaharui deposito lainnya menunggu jatuh tempo deposit sebelumnya.

Pada akhir 2013, Mesir mengembalikan deposit sebesar tiga miliar dolar AS ke Qatar sebagai kewajiban jatuh tempo pertama.

Sedangkan negara teluk lainnya seperti Arab Saudi, UEA dan Kuwait telah mendukung pemerintah setelah Mursi dan memberikan bantuan miliaran dolar AS sejauh ini.(T/R04/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0