MESIR BUKA PERBATASAN RAFAH BAGI CALHAJ ASAL GAZA

foto: PIC
foto: PIC

Gaza, 22 Dzulqa’dah 1436/6 September 2015 (MINA) – Pemerintah akan membuka pada Senin (7/9) untuk para asal Jalur Gaza, sebagaimana dikatakan Otoritas untuk Perbatasan, Ahad.

“Pemerintah Mesir membuka perbatasan Rafah pada Sabtu untuk menerima paspor jamah haji setelah dikeluarkannya visa perjalanan,” ungkapnya. The Palestinian Information Center (PIC) melaporkan, dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dalam sebuah pernyataan, Otoritas Palestina mengungkapkan, semua persiapan telah dilakukan untuk memfasilitasi perjalanan jamaah haji Palestina menuju Arab Saudi melalui perbatasan Rafah, yang diharapkan akan dimulai pada Senin besok (7/9).

Hal ini juga menunjukkan bahwa adanya koordinasi dengan pihak Mesir dalam rangka mengatasi kendala yang dihadapi calon jamaah haji selama perjalanan pada 7-9 September mendatang.

“Bagaimanapun, pihak berwenang Mesir tidak ingin membuat calon jamaah haji terdampar di perbatasan,” bunyi pernyataan.

Rafah merupakan penghubung utama antara sekitar 1,7 juta warga Gaza dengan dunia luar.

Sejak Juni 2007, Israel telah memperketat blokade jalur darat dan laut untuk mengisolasi Jalur Gaza dari akses keluar masuk menuju Tepi Barat, termasuk kota Al-Quds di mana Masjid Al-Aqsha berada. (T/P008/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0