MESIR HANCURKAN 1.700 LEBIH TEROWONGAN KE GAZA

Gambar diambil pada  15 Maret 2014 ketika tentara Mesir menghancurkan 4 rumah  yang memiliki terowongan di bawahnya dengan menggunakan bahan peledak.
Gambar diambil pada 15 Maret 2014 ketika tentara Mesir menghancurkan 4 rumah yang memiliki terowongan di bawahnya dengan menggunakan bahan peledak.

Kairo, 27 Sya’ban 1435/25 Juni 2014 (MINA) – Tentara Mesir menghancurkan dua terowongan di perbatasan Mesir-Gaza, sehingga jumlah terowongan  yang dihancurkan mencapai  1.736.

Sumber-sumber keamanan mengatakan penjaga perbatasan Mesir  secara intensif   memerangi apa yang mereka sebut penyelundup dan kelompok bersenjata  yang menggunakan terowongan, meskipun   laporan-laporan mengatakan terowongan digunakan sebagai alternatif warga dalam menyelundupkan kebutuhan sehari-hari sejak Israel menetapkan blokade atas Gaza sejak tujuh tahun yang lalu.

Wilayah militer bagian barat  itu dikuasai penjaga perbatasan yang bekerja sama dengan Angkatan Udara dan berhasil  menyita 30 senapan milik  pribadi di daerah Salloum, Middle East Monitor yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Rabu (25/6).

Mereka juga menyita tiga mobil  tidak memiliki plat nomor  dan berisi rokok dalam jumlah besar dengan bantuan pihak lalu lintas udara.

Di Al-Arish, penjaga perbatasan Angkatan Darat Kedua menangkap enam orang bersenjata dan menyita sebuah mobil dan enam sepeda motor tanpa plat nomor, serta sebuah truk yang membawa 100 kilogram bahan peledak. Enam mobil sarat dengan sejumlah besar makanan, obat-obatan dan barang-barang yang akan diselundupkan juga disita.

Tidak hanya di area perbatasan, tentara Mesir secara besar-besaran melakukan operasi penyerangan terhadap kelompok militant di sejak presiden Mesir Muhamad Mursi digulingkan Juli 2013, di mana mereka mendapat dukungan Israel dalam hal ini.

Sinai menjadi daerah tanpa militer sejak perjanjian  gencatan senjata antara Mesir dan Israel berlangsung pada 1967, namun  Israel mengijinkan  operasi Mesir dalam memerangi militan Sinai akhir-akhir ini.(T/P03/P04)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0