MESIR HAPUS HAMAS DARI DAFTAR TERORIS

Photo Hamas Al Qassam
Sayap militer gerakan Perlawanan Palestina berbasis di Gaza , Izzudin Al-Qassam. (Foto: PIC)

Kairo, 20 Sya’ban 1436/7 Juni 2015 (MINA) – membatalkan keputusan Februari oleh pengadilan lain yang mencap gerakan Islam Palestina Hamas sebagai kelompok “teroris”, Sabtu (6/6), kata seorang pejabat pengadilan.

Dia mengatakan kepada media internasional, putusan sebelumnya tidak diterima karena pengadilan yang mengeluarkan putusan itu tidak “kompeten”, Nahar Net yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Putusan Februari muncul setelah pengacara mengajukan petisi kepada pengadilan untuk mengklasifikasikan Hamas sebagai , menuduhnya menggunakan terowongan bawah tanah untuk menyelundupkan senjata ke Mesir.

Namun pada Maret, pemerintah mengajukan banding terhadap putusan itu.

Hamas sangat mengutuk putusan Februari yang muncul sebulan setelah pengadilan lain memutuskan sayap bersenjata Hamas, BrigadeIzzudin Al-Qassam, sebagai “kelompok teroris”.

Pada Sabtu, Hamas mengeluarkan pernyataan singkat yang mengatakan penguasa baru mengoreksi “keputusan yang salah”.

“Hamas menyambut baik keputusan pengadilan Mesir,” kata Hamas.

Hubungan antara Kairo dan Hamas memburuk setelah penggulingan Presiden Muhammad Mursi oleh panglima militer pada 2013 yang kini menjadi Presiden Mesir.

Tentara mengatakan telah menghancurkan ratusan terowongan yang diklaim digunakan untuk menyelundupkan pasokan dan senjata antara Sinai dan Jalur Gaza, dan juga diduga digunakan gerilyawan untuk menyusup ke wilayah Mesir.

Pada Maret 2014, Mesir melarang semua kegiatan Hamas di Mesir dan membekukan asetnya. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0