Mesir Mulai Bangun Tembok di Sepanjang Perbatasan Gaza

Perbatasan Gaza-Mesir. (Foto: dok. Nahar Net)

Gaza, MINA – Mesir mulai membangun tembok beton di sepanjang perbatasannya dengan Gaza, kata seorang pejabat keamanan Palestina dari gerakan Hamas, yang mengendalikan daerah kantong itu, Rabu (19/2).

Lusinan pekerja yang dibantu oleh alat crane terlihat membangun struktur, yang akan membentang dari ujung tenggara Gaza ke persimpangan Rafah dengan Mesir, satu-satunya pintu gerbang keluar dari Gaza yang tidak mengarah ke Israel, demikian Nahar Net melaporkan.

Dinding itu dibangun di sepanjang garis penghalang tua yang lebih rendah yang mencakup struktur bawah tanah yang dirancang untuk membendung terowongan penyelundupan antara Gaza dan Mesir.

Satu sumber keamanan Hamas mengatakan kepada media Perancis bahwa tujuan pembangunan adalah “untuk menyelesaikan (tembok) secepat mungkin.”

“Yang penting bagi kami adalah mengontrol perbatasan dan mencegah segala aktivitas ilegal di sana,” termasuk perdagangan lintas batas, kata sumber itu.

Sebuah delegasi keamanan dari Mesir yang dipimpin oleh Jenderal Ahmed Abdel Khalek, yang mengepalai urusan Palestina dalam badan intelijen Mesir, berada di Gaza pekan lalu, berusaha untuk memulihkan ketenangan antara Hamas dan Israel. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)