Mesir Segera Turunkan Ketegangan Gaza-Israel Pasca Tembakan Roket ke Laut

Ilustrasi.

Gaza, MINA – Dua roket yang ditembakkan dari Gaza pada Sabtu pagi (1/1) jatuh ke Laut Mediterania di lepas pantai Tel Aviv, kata tentara Israel, tanpa ada laporan korban cedera.

Mesir menjadi mediator bagi Hamas dan Israel untuk bertukar pesan tidak langsung untuk mencegah situasi memburuk.

Sumber militer Hamas mengatakan, peluncuran itu tidak disengaja dan disebabkan oleh kegagalan fungsi karena cuaca buruk, Arab News melaporkan.

Tentara Israel mengatakan bahwa dua roket diluncurkan dari Gaza menuju laut di Tel Aviv, tetapi sirene tidak berbunyi, sistem Iron Dome juga tidak meluncurkan rudal untuk mencegat roket.

Polisi Israel menerima laporan dari warga bahwa mereka mendengar ledakan, tetapi tidak ada kerusakan atau cedera yang dilaporkan, menurut pernyataan tentara Israel.

Media Palestina dan Israel mengatakan bahwa Mesir segera menengahi kedua pihak guna mencegah eskalasi di Gaza.

Sebuah situs web yang dekat dengan Brigade Ezz El Din Al-Qassam, sayap militer Hamas, mengutip seorang sumber yang tidak disebutkan namanya, yang mengatakan bahwa kedua rudal itu ditembakkan karena faktor cuaca dan tidak ada uji coba rudal.

Beberapa hari terakhir, Gaza telah menembakkan roket eksperimental ke arah laut.

Ini adalah pertama kalinya Israel mengumumkan deteksi roket dari Gaza di lepas pantai Tel Aviv sejak perang terakhir pada Mei 2021.

Pada musim dingin tahun lalu, insiden serupa terjadi ketika roket diluncurkan dari Gaza, yang juga dijelaskan oleh Hamas karena faktor cuaca buruk.

Situasi keamanan menjadi tegang sejak Rabu lalu setelah tank-tank Israel mengebom pos-pos Hamas di Gaza utara, dengan latar belakang pengumuman Israel bahwa seorang warga Israel telah terluka oleh tembakan dari Gaza.

Belum ada faksi Palestina yang mengaku bertanggung jawab atas penembakan kedua roket tersebut. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.