Mesir Tingkatkan Jumlah Kiriman Bahan Bakar Harian ke Jalur Gaza

Kairo, MINA – Otoritas Mesir pada Rabu (13/12) mengumumkan  akan meningkatkan volume pengiriman ke Jalur , dari 129.000 liter menjadi 189.000 liter, sesuai perjanjian dengan .

“Mesir melanjutkan upaya intensif untuk memastikan masuknya bantuan kemanusiaan ke ,” kata Diaa Rashwan, kepala Layanan Informasi Mesir, dalam sebuah pernyataan, dilansir Anadolu Agency.

“Sejak Selasa (12/12), truk bantuan mulai melintasi terminal perbatasan ke penyeberangan Karem Abu Salem sebagai implementasi perjanjian dengan pihak Israel,” tambahnya.

“Hal ini diharapkan dapat memudahkan kedatangan truk ke Jalur Gaza, sehingga jumlahnya meningkat menjadi 60 hingga 80 setiap hari,” kata Rashwan.

Dia menyebut, total jumlah truk yang menyeberang dari perbatasan Rafah ke Jalur Gaza sudah 4.057 truk sejak awal masuknya bantuan ke wilayah kantong tersebut dari sisi penyeberangan Mesir.

Baca Juga:  Haflatul Ied, Siti Fadilah: Saya Komitmen Dukung PB Wanita Al-Irsyad

Israel melancarkan operasi militer ke Jalur Gaza melalui udara dan darat, memberlakukan pengepungan dan melancarkan serangan darat sebagai pembalasan atas serangan lintas batas oleh Pejuang Perlawanan Hamas pada 7 Oktober.

Setidaknya 18.608 warga Palestina terbunuh dan 50.594 lainnya terluka dalam serangan gencar Israel sejak saat itu, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Korban tewas Israel dalam serangan Hamas mencapai 1.200 orang, menurut laporan resmi. (T/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.