Meski Banjir, Kantor KUA Mampang Tetap Layani Masyarakat

Jakarta, 23 Jumadil Awwal 1438/ 21 Februari 2017 (MINA) – Hujan yang turun dalam dua hari terakhir membuat sebagian wilayah Jakarta mengalami banjir. Namun itu bukan alasan pegawai Kementerian Agama untuk tidak memberikan pelayanan.

Salah satunya yang dilakukan pegawai Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Air yang menggenangi sebagian ruang kerja tidak menghalangi mereka untuk tetap menjalankan layanan pencatatan pernikahan di KUA.

Dilansir dari keterangan pers Kemenag yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), pasangan berbahagia Mansyur (22) dan Maya Marlina (21) sudah menentukan waktu pernikahannya untuk dilangsungkan hari ini, Selasa, 21 Februari 2017. Hari bahagianya tidak hanya disaksikan keluarga dan sanak saudara, tapi juga oleh air yang demikian melimpah hingga menggenang setinggi 70 cm di jalanan.

Meski begitu, umumnya calon pengantin, rona bahagia demikian nampak di wajah mereka. Hari pernikahannya semakin berwarna saat perahu karet mengantar mereka menuju KUA. Maklum, akses menuju KUA Mampang pagi tadi tergenang banjir sepinggang orang dewasa hingga masuk ke dalam ruang yang di beberapa tempat disebut sebagai Balai dan Manasik Haji.

Perahu karet bermotif merah-biru itu bahkan mengantarmempelai hingga ruang dalam KUA, pada posisi terdekat dengan tangga. Proses pernikahan dilangsungkan di lantai dua. Listrik yang padam justru memberi nuansa yang lebih khusyu dan khidmat, saat akad nikah dilangsungkan.

“Ini jadi kenang-kenangan kita deh, nikah pas banjir di KUA. Karena sudah dijadwalkan hari ini, dan kita semua sudah rapi, jadi ya tetap berangkat ke KUA,” kata Maya bahagia, Selasa (21/2).

“Lagi pula petugas di KUA nya, dan Kepala KUA yang jadi penghulu kami, sudah stand by di KUA. Katanya ditunggu sampai sore juga,” tambahnya.

Kepala KUA Mampang, Asep Edwan mengatakan, jajarannya siap memberikan pelayanan terhadap masyarakat meski banjir melanda Jakarta. Jam operasi KUA Mampang Prapatan hari ini pun tetap sama, hingga pukul 16.00.

Menurut Asep, hal ini menjadi bentuk dedikasi jajarannya untuk terus berkhidmat melayani umat. “Alhamdulillah, kita sebagai bagian dari Kementerian Agama, meski banjir kita tetap melayani masyarakat dengan penuh keikhlasan dan dedikasi,” ujarnya.

“Mereka senang dengan pelayanan kantor, dan ini saya rasakan sebagai karunia Allah. Di tengah-tengah banjir, kita masih bisa melayani masyarakat dengan baik,” tandasnya. (T/R05/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.