Mesut Ozil Umumkan Pensiun dari Dunia Sepak Bola

Istanbul, MINA – Kabar mengejutkan datang dari Mesut Ozil. Pemain yang pernah membela Real Madrid hingga Arsenal ini memutuskan pensiun dari dunia sepak bola.

Keputusan gantung sepatu dari dunia sepak bola itu disampaikan langsung oleh pemain Muslim berdarah Turki ini melalui akun Instagram miliknya, Rabu (22/3).

“Setelah pertimbangan yang matang, saya mengumumkan pensiun langsung saya dari sepak bola profesional,” tulis Ozil mengawali pengumuman panjang yang ia sebarkan lewat media sosialnya.

“Saya memiliki sesuatu yang istimewa untuk menjadi pemain sepak bola profesional selama hampir 17 tahun sekarang dan merasa sangat bersyukur atas kesempatan itu,” imbuhnya.

Namun, kata Ozil, dalam beberapa pekan dan bulan terakhir, dia mengalami beberapa cedera, yang menjadi tanda semakin jelas baginya untuk segera meninggalkan dunia sepak bola.

“Ini merupakan perjalanan yang luar biasa yang dipenuhi dengan momen dan emosi yang tak terlupakan. Saya ingin berterima kasih kepada klub saya – Schalke 04, Werder Bremen, Real Madrid, Arsenal FC, Fenerbahce, Basaksehir dan para pelatih yang mendukung saya, ditambah rekan satu tim yang telah menjadi teman,” kata Ozil.

Perjalanan karir

Mesut Ozil menghabiskan kurang lebih 17 tahun di dunia sepak bola. Playmaker yang identik dengan nomor 10 ini memulai karir di Schalke 04 pada musim 2006/2007.

Setahun kemudian, Mesut Ozil menyeberang ke Werder Bremen. Mezut Ozil tampil bersama klub asal Jerman ini sebanyak 71 kali dengan torehan 13 gol.

Performa apiknya bersama Werder Bremen membuat Real Madrid kepincut.

Lantas, klub asal ibukota Spanyol ini langsung memboyong Ozil sebagai bagian dari proyek Los Galacticos jilid 2 pada musim 2010. Ozil menghabiskan waktu tiga musim bersama Los Merengues sebelum akhirnya berlabuh ke Arsenal.

Di Real Madrid, Mesut Ozil telah menjalani 105 pertandingan, dengan menorehkan 19 gol.

Pada 2013, Arsenal menebus Ozil dengan mahar sekitar 42 poundsterling. Sempat kehilangan nomor kramatnya karena dipakai Jack Wilshere, Ozil akhirnya mendapatkan kembali nomor 10.

Mesut Ozil berseragam The Gunners hingga musim 2021. Bersama klub asal London ini, Ozil bermain sebanyak 184 kali dengan torehan 33 gol.

Setelah mengakhiri karir di Eropa, pemain berpaspor Jerman ini memilih berpetualang ke Turki. Ozil berlabuh dengan Fenerbahce.

Di klub ini, Ozil bermain semusim dan menjalani 32 pertandingan dengan 8 gol dia torehian.

Setelah itu, Ozil pindah ke Istanbul Basaksehir. Di klub ini, pemain berjuluk El Buho ini hanya bermain sekali dan lebih sering dibekap cedera.

Tak kunjung sembuh dari bekapan cedera inilah yang menjadi salah satu alasan Mesut Ozil memilih untuk gantung sepatu dari dunia sepak bola.(L/R2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)