MI Islamiyah 03 Madiun Berjaya di Olimpiade Robot Sekolah Islam di Kuala Lumpur

Kuala Lumpur, MINA – Siswa Ibtidaiyah Islamiyah 03 Madiun meraih sejumlah medali di ajang International Islamic School Robot Olympiad (IISRO) 2018.

IISRO merupakan ajang kompetisi robot tahunan yang diselenggarakan oleh , sebuah organisasi pengembangan robot internasional. IISRO tahun ini digelar di International Islamic University Malaysia (IIUM) pada 7-9 September 2018 dan diikuti oleh 158 tim dari berbagai Negara.

“Kami sudah mempersiapkan diri sepulang dari Kompetisi Robotik Madrasah oleh Kementerian Agama 2017 yang memperoleh juara II. Usai sukses berkompetisi di tingkat Nasional kami mendapatkan dukungan dari berbagai pihak mulai dari Kepala Madrasah, orang tua siswa, dan lain sebagainya,” ujar Pramudya Ardi selaku pmbina tim robotik .

Dikutip dari rilis dari , Pramudya Ardi mengaku mempersiapkan timnya untuk ikut kompetisi tingkat Internasional ini sejak bulan Mei 2018.

“Alhamdulillah atas izin Allah kami mendapatkan kemenangan pada event IISRO ini. Kami masih ingat pesan Direktur KSKK Madrasah pada event Kompetisi Robotik Madrasah tahun lalu yang menyatakan bahwa sudah saatnya Madrasah di desa ikut andil dalam kancah Nasional bahkan Internasional.  Dari ucapan beliau kami membulatkan tekat untuk bisa mengukir prestasi yang lebih tinggi,” tegas Pramudya.

Pada event , tim Robotika MI Islamiyah 03 Madiun meraih Juara 1 (Gold Medal) untuk kategori Teater, Juara II (Silver Medal) untuk kategori Robot Chef dan Juara III (Bronze Medal). Tim RObotik MI Islamiyah 03 Madiun ini adalah Muhammad Irfan Basith, Hogan Faishol Renjiro Atha Reku, dan Aldris Mursyid Muktabar.

Pada event IISRO 2018 ini, tim MI Islamiyah 03 Madiun untuk kategori Robot Teater mempersempahkan Robot yang bisa membantu manusia menyimpan uang untuk Ibadah Haji. Sedangkan untuk kategori Robot Chef, MI Islamiyah 03 Madiun mempersembahkan robot yang bernama KANTIN-BOT. KANTIN-BOT merupakan robot yang bisa menyajikan menu pilihan secara otomatis.

“Dengan KANTIN-BOT, siswa-siswi bisa memilih menu di kantin sekolah cukup dengan menggunakan HP Smartphone. Secara otomatis robot akan menyajikan menu pilihan kita tanpa harus berdesak-desakan dan tanpa membuat penjual kebingungan,” pungkas Hogan Faishol. (R/R05/P1)

Mi’raj  News Agency (MINA)

 

Wartawan: Fauziah Al Hakim

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.