MILISI HOUTHI KUASAI IBUKOTA PROVINSI AL-JAWF YAMAN

Pejuang Houthi berhasil menguasai Al-Hazm, ibukota Provinsi Al-Jawf, Ahad 14 Juni 2015. (Foto: AA)
Pejuang berhasil menguasai Al-Hazm, ibukota Provinsi Al-Jawf, Ahad 14 Juni 2015. (Foto: AA)

Al-Jawf, , 28 Sya’ban 1436/15 Juni 2015 (MINA) – Kelompok milisi Houthi dan pasukan yang setia kepada mantan presiden Yaman Ali Abdullah Saleh telah menguasai Al-Hazm, ibukota provinsi barat laut Al-Jawf.

Al-Jawf adalah salah satu provinsi yang berbatasan dengan , negara yang memimpin koalisi negara Arab melakukan kampanye serangan udara terhadap Houthi dan sekutunya.

Warga sipil di Al-Hazm mengatakan kepada Anadolu Agency pada Ahad (14/6) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Houthi dan kekuatan pro-Saleh telah menguasai kompleks pemerintah dan sebuah kamp militer, setelah bentrokan  dengan pasukan pendukung Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi.

Daerah itu telah mengalami bentrokan parah dalam beberapa hari terakhir.

Di tempat lain, 15 pejuang Houthi dan dua pro-Hadi tewas dalam bentrokan di provinsi timur Marib.

Seorang komandan pasukan pro-Hadi mengatakan Anadolu Agency dalam status anonimitas, bentrokan sengit terjadi setelah milisi Houthi menyelinap ke dalam Al-Mashgah, daerah yang dikendalikan oleh Perlawanan Rakyat.

Marib adalah provinsi kaya minyak dan gas alam yang menyediakan listrik untuk kota-kota lainnya, termasuk ibukota Sanaa.

Sementara itu, koalisi serangan udara meluncurkan dua serangan udara pada Ahad melawan posisi Houthi di Sanaa, menurut saksi mata.

“Pasukan koalisi melancarkan serangan udara pada tentara dan penyimpanan amunisi yang dikendalikan oleh Houthi,” kata saksi mata. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0