Militer China Terbangkan Drone Lintasi Selat Taiwan

Taipei, MINA – Pemerintah China pada Selasa (29/8) menerbangkan drone melintasi Selat , kata Kementerian Pertahanan Taiwan.

Kementerian Taiwan menyatakan, militernya mendeteksi sekitar 24 pesawat China, di antaranya termasuk pesawat jenis J-10, J-16, KJ-500, Y-9 dan drone, demikian Anadolu Agency melaporkan.

Setidaknya 12 pesawat melintasi garis median Selat Taiwan atau memasuki zona identifikasi pertahanan udara barat daya atau ADIZ, yang tidak diakui China.

Pesawat tersebut juga melakukan patroli militer gabungan dengan lima kapal angkatan laut China, kata kementerian tersebut.

Menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan “adalah tanggung jawab bersama semua pihak di kawasan ini, termasuk Beijing, dan sangat penting bagi keamanan, kemakmuran, dan kesejahteraan Indo-Pasifik,” lanjut kemhan Taiwan.

Baca Juga:  Erdogan Desak Muslim Bersatu Hentikan Genosida Israel di Gaza

China menganggap Taiwan sebagai “provinsi yang memisahkan diri” sementara Taipei bersikeras mempertahankan kemerdekaannya sejak tahun 1949.

“Kami mendesak Beijing untuk mengambil tanggung jawab dan segera menghentikan semua tindakan sepihak yang merusak stabilitas regional,” ujar kementerian Taiwan. (T/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.