Militer Suriah Ancam Tembak Jatuh Pesawat Tempur Turki

Damaskus, 20 Muharram 1438/21 Oktober 2016 (MINA) – Militer mengatakan, Kamis (20/10) waktu setempat, akan menembak jatuh setiap pesawat perang yang memasuki ruang udara Suriah. Ancaman itu merupakan respons terhadap serangan udara yang dilakukan Ankara semalam di utara Suriah.

“Sekali lagi pesawat perang Turki mencoba menerobos wilayah udara Suriah akan ditangani dan ditembak jatuh dengan semua sarana yang tersedia,” kata komado angkatan bersenjata Suriah dalam sebuah pernyataan sebagaimana dilaporkan Hurriyet Daily News, Jumat (21/10).

Serangan udara Turki menghantam basis sekelompok Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (), sayap militer dari Partai Uni Demokratik Kurdi Suriah (PYD), di utara Suriah. Ankara mengklaim serangan itu berhasil menewaskan 40 milisi Daesh (ISIS) dan enam Partai Pekerja Kurdistan/PYD.

Damaskus, yang langsung berang dengan ulah Turki melanggar wilayah udara mereka, menyebut operasi militer Ankara sebagai ‘agresi terang-terangan’.

Turki mendukung pejuang Tentara Pembebasan Suriah (FSA) yang tengah berjuang menumbangkan rezim pemerintahan Presiden Bashar al-Assad dan melancarkan Operasi Perisai Eufrat untuk mendorong Daesh menjauh dari perbatasan Turki-Suriah.

Serangan udara Turki ke Suriah semakin meningkat di tengah eskalasi pertempuran di sekitar Aleppo. Setidaknya empat faksi berlomba-lomba untuk menguasai Suriah bagian utara, semua membawa agenda mereka sendiri. (T/P022/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.