Millennials Peacemaker Forum 2021: Deklarasi Gedung Merdeka Solidaritas Milenial untuk Palestina

(Foto: Abdullah/MINA)

Aqsa Working Group () menggelar acara Talkshow ‘Millennial Peacemaker Forum’ pada Ahad (28/11) di , Jalan Asia-Afrika No. 65, Kota Bandung, Jawa Barat.

Gedung Merdeka adalah situs sejarah tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika tahun 1955 yang lalu diikuti 29 negara, salah satunya utusan . Saat ini hanya Palestina yang belum memperoleh kemerdekaan secara penuh.

Gedung Merdeka juga memiliki nilai sejarah amat tinggi sebagai simbol perlawanan terhadap imperialisme dunia.

Talkshow mengambil tema “Meneguhkan Semangat milenial, Bergerak Berjama’ah Bebaskan Al-Aqsa dan Palestina” ini merupakan bagian dari rangkaian acara Pekan Solidaritas Palestina (PSP) yang diselenggarakan AWG pada 22-29 November 2021.

Acara ini digelar secara hybrid (luring dan daring) dengan mengutamakan protokol kesehatan yang ketat dihadiri 200 peserta dari berbagai kalangan, baik tokoh dan cendikiawan muda, pelajar dan mahasiswa, dai muda dan Duta Al-Quds, perwakilan remaja masjid, serta media.

Hadir dan menyampaikan pidato kunci yakni Pembina AWG Imaam Yakhsyallah Mansur, Direktur Timur Tengah, Direktorat Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri RI Bagus Hendraning Kobarsyih, dan Duta Besar Palestina untuk Indonesia HE. Zuhair Al-Shun yang diwakili Ahmed Metani. Pembicara lainnya, Kepala BAKESBANGPOL Pemprov Jabar Raden Iip Hidayat, Ketua Al-Quds Foundation Malaysia Dr Sharif Abu Shammala, dan Presidium AWG Ir. Nur Ikhwan Abadi.

Di akhir acara, Ketua Presidium Aqsa Working Group (AWG) M. Anshorullah atas nama pemuda pemudi milenial Indonesia yang hadir dalam Talkshow tersebut membacakan Deklarasi Gedung Merdeka Millennials Peacemaker Forum Dalam Rangka Pekan Solidaritas Palestina Internasional 2021.

Berikut Deklarasi Gedung Merdeka selengkapnya:

Segala puji dan syukur dipanjatkan hanya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Tuhan semesta alam. Shalawat serta salam kita doakan semoga tercurah kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sebagai pembawa risalah Islam yang rahmatan lil ‘alamiin.

Al-Aqsa di tanah Palestina adalah sebuah tempat yang disebut sebagai Masjid oleh Allah Ta’ala dalam QS. Al Isra ayat 1. Sebutan masjid untuk Al-Aqsa oleh Allah, menjadi legitimasi otomatis bahwa Masjid Al-Aqsa adalah milik umat Islam sedunia, tidak hanya umat Islam di bumi Palestina.

Masjid Al-Aqsa di Palestina merupakan masjid ketiga yang paling disucikan oleh umat Islam setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Masjid Al-Aqsa adalah situs Islam yang berstatus wakaf Islam di Yerusalem yang dikelola oleh pemerintah Yordania sejak tahun 1948.

Masjid Al-Aqsa adalah komplek ibadah yang seharusnya dihormati dan dilindungi, sebagaimana Islam juga memerintahkan untuk melindungi tempat ibadah agama lain (QS. Al-Hajj 40). Akan tetapi, sampai hari ini Masjid Al-Aqsa, sebagaimana juga tanah Palestina masih dijajah dan terus menerus dinodai oleh Entitas Zionis Israel apartheid.

Sehubungan dengan kejahatan Zionis Israel atas Masjid Al-Aqsa yang semakin terang-terangan dan pendudukan atas Palestina, maka dengan ini dalam kegiatan Millennials Peacemaker Forum pada tanggal 28 November 2021, di Gedung Merdeka, Jalan Asia-Afrika, Bandung kami pemuda-pemudi Indonesia menyampaikan pernyataan sebagai berikut:

  1. Menghargai setingginya usaha-usaha Pemerintah Indonesia yang sangat aktif berperan mengupayakan kemerdekaan Palestina dan pembebasan Al-Aqsa dalam rangka menghapuskan penjajahan di seluruh dunia.
  2. Kami pemuda Indonesia siap untuk mendukung usaha-usaha tersebut sampai berhasil dengan Langkah-langkah sebagai berikut:

a. Kami meyakini bahwa dukungan dan upaya-upaya itu haruslah dilaksanakan dengan ikhlas dan sepenuh hati.

b. Usaha-usaha membantu kemerdekaan Palestina dan pembebasan Masjid Al-Aqsa haruslah dilakukan dengan cara bersama-sama.

c. Siap mensosialisasikan segala yang berhubungan dengan pembebasan Al-Aqsa baik melalui forum resmi maupun tidak resmi di Indonesia khususnya dan di dunia pada umumnya.

d. Pembebasan Al-Aqsa dan Palestina haruslah menjadi agenda dari setiap organisasi kepemudaan di Indonesia dan dunia. Karena hal itu sejalan dengan agenda kemanusiaan tentang menghapuskan penjajahan di dunia dan sekaligus agenda keagamaan, yaitu memakmurkan masjid Al-Aqsa.

e. Selalu berkoordinasi dengan pemuda-pemuda di Palestina sehingga apa yang mereka perlukan benar-benar diketahui.

  1. Melanjutkan forum seperti ini oleh pemuda-pemuda di seluruh Indonesia bahkan dunia.
  2. Dalam membantu perjuangan Pembebasan Al-Aqsa dan Kemerdekaan Palestina, agar memperhatikan pihak yang sangat rentan dan sangat membutuhkan, seperti anak-anak, perempuan, orang tua, tahanan, dan lain-lain.
  3. Masalah Masjid Al-Aqsa dan Palestina adalah masalah kemanusiaan, bukan hanya keagamaan.

Demikian deklarasi Merdeka ini dibacakan. Semoga Allah Ta’ala memudahkan usaha kita, dan mencatatanya menjadi amal sholeh. Atas perhatiannya, kami ucapkan syukran jaziila dan jazaakumullah khairan jazaa’. Allahu Akbar, Al Aqsa Haqquna.

Bogor, 23 Rabiul Awal 1443 H /28 November 2021 M.

(AK/R1/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)