MINA Sumatera Gelar Diklat Film dan TV

Muhajirun, Lampung Selatan, MINA – Kantor Berita Islam MINA Biro Sumatera bekerjasama dengan MirajnewsTV dan Syubban Majelis Dakwah Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Wilayah Lampung mengadakan Diklat Film dan TV.

Waliyul Imaam Lampung, Abdullah Mutholib mengapresiasi kegiatan yang diikuti pemuda ini saat membuka Diklat ini, Sabtu, (14/9) di Studio MirajnewsTV, Lantai II Masjid An-Nubuwwah, Komplek Ponpes Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah, Muhajirun, Negararatu Natar Lampung Selatan.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini, bersyukur luar biasa bertatap muka dengan pemuda generasi penerus, harapannya diklat ini memunculkan bakat baru pemuda yang siap berdakwah melalui media,” katanya.

Sementara, Amir Majelis Dakwah Jama’ah Muslimin (Hizbullah) Lampung, Hidayaturrahman pada kesempatan yang sama menekankan peran media film untuk dakwah Islam.

“Ada orang kristen di panti jompo kristen, lumpuh, tapi diberikan fasilitas laptop, kemudian bermimpi bertemu Muhammad. Lalu mencari literasi tentangnya di internet dan kemudian masuk Islam. Kalau media ini kemudian bisa membawa kepada Islam, maka teknologi itu Sunnah karena digunakan untuk  berdakwah,” ujarnya.

Adapun Amir Syubban Lampung Waliyulloh dalam pemaparannya meminta kepada para pemuda untuk menjadi Ambasador Multimedia masing-masing kabupaten.

“Dan pelatihan ini tidak berhenti di sini, terus adakan pelatihan dengan materi-materi berikutnya supaya betul-betul menguasai bidang multimedia ini,” katanya.

Kepala MINA Biro Sumatera, Nurhadis, dalam sambutannya, menekankan tiga target dari pelatihan ini.

Pertama, peserta kenal dengan proses pembuatan film ; kedua, peserta  bisa menggunakan camera untuk film dan video ; ketiga, mahir dalam dalam proses editing photo maupun video.

Selain itu diharapkan kemampuan peserta bisa dimaksimalkan untuk publikasi dakwah, juga di daerah masing-masing.

Diklat diikuti sejumlah 33 peserta dari berbagai kabupaten se-Lampung, termasuk santri Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah.

Adapun materi-materi  yang diberikan adalah pengenalan film, produksi film, proses produksi film dan tv, struktur organisasi film dan TV,  audio dan musik,  kamera,  editing, taknik sound recording, dubbing technical, sound and music recording, dan praktek pembuatan film.

Pemateri adalah Kepala MINA Biro Sumatra Nurhadis dan Abdan Zam-Zam Ramadhan. Keduanya merupakan alumni Media Development Program I Unida Gontor.(L/B01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA).