Misi Tahap Ketiga, 114 WNI Berhasil Dievakuasi dari Sudan

(Foto: TNI)

Jeddah, MINA – Misi kemanusiaan yang dilakukan Satgas bersama untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia () yang masih berada di masih terus berlanjut.

Kini 114 WNI kembali dievakuasi dari Port Sudan menuju posko evakuasi di Jeddah, Arab Saudi, Jumat (28/4), sebagaimana dikutip dari laman resmi TNI.

Pada tahap ketiga ini, total 344 WNI telah berhasil dievakuasi oleh Satgas gabungan TNI.

Sebelumnya, pada evakuasi tahap pertama, sebanyak 385 WNI dengan Garuda Indonesia GA 991 telah mendarat di Jakarta, Jumat (28/4) pagi, dari Jeddah, setelah berhasil dievakuasi melalui jalur laut dari Port Sudan ke Jeddah.

Mereka terdiri dari 248 perempuan dan 137 laki-laki, dan diantara mereka terdapat 43 anak-anak.

“Ini adalah ketibaan tahap pertama di tanah air WNI yang di evakuasi dari Sudan melalui Jeddah,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam keterangan resmi Kemlu RI, Sabtu (29/5).

Mengingat perjalanan evacuees sangat panjang dan melelahkan, maka setiba di Jakarta mereka akan diinapkan sementara di Asrama Haji Pondok Gede sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing.

Kemenko PMK dan K/L terkait telah menyiapkan layanan mulai pemeriksaan kesehatan hingga layanan konseling. Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri dan Pemda terkait akan memfasilitasi kepulangan ke daerah masing-masing.

Pemulangan evakuasi dari Sudan ke Indonesia akan dilakukan secara bertahap.

Menurut rencana, pemulangan ke Indonesia tahap kedua akan dilakukan 29 April, tiba di Indonesia 30 April.

Pemulangan tahap ketiga, sekaligus menutup seluruh proses evakuasi, akan dilakukan 30 April dengan menggunakan pesawat TNI AU.

Evakuasi kita kali ini dilakukan dengan menggunakan pola evakuasi secara estafet, dimulai evakuasi jalan darat dari Khartoum ke Port Sudan.

Kemudian dari Port Sudan ke Jeddah baik via laut maupun via udara, dan selanjutnya dipulangkan secara bertahap ke Indonesia.

Pola evakuasi ini kita jalankan untuk merespon situasi lapangan yang sangat cair dan dinamis dan dengan tujuan untuk segera mengeluarkan WNI dari wilayah konflik yang berbahaya.

Alhamdullillah, pola ini berjalan dengan lancar dan kita bahkan membantu beberapa WNA untuk ikut dalam evakuasi kita,” ujar Menlu Retno.(R/R1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.