Moderasi Islam Jadi Isu Pembicaraan Presiden Afganistan Dengan Ulama Indonesia

Presiden Mohammad Ashraf Ghani (Foto: Parstoday)

Jakarta, 30 Maret 2017/2 Rajab 1438 (MINA) –  Presiden Afganistan Ashraf Ghani akan melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada 5-6 April 2016, dan dijadwalkan akan bertemu dengan beberapa ulama Indonesia.

“Tanggal 6 April, Presiden Afganistan akan bertemu ulama Indonesia membicarakan soal moderasi Islam,” ujar Direktur Asia Selatan dan Tengah Kementerian Luar Negeri RI Ferdy Piay kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) di Jakarta, Kamis (30/3).

Ia menjelaskan, pertemuan itu rencananya akan dilakukan di Masjid Istiqlal dan Presiden Ashraf Ghani juga akan melakukan tour kunjungan di masjid terbesar se-Asia Tenggara itu.

Baca Juga:  7 Mei Seluruh Kampus Muhammadiyah Gelar Aksi Bela Palestina

“Kita sudah secure (pertemuan) di Istiqlal, penekanannya pada ulama Nadhatul Ulama dan , nanti kita akan dukung lagi dengan sejumlah ulama lainnya,” katanya.

Pertemuan tersebut dimaksudkan dalam rangka bertukarpikiran tentang toleransi dan moderasi umat beragama, karena Presiden Ghani menilai hal itu yang membuat Indonesia kuat dan Afganistan ingin mencontohnya.

Sementara itu, pada tanggal 5 April 2016, Presiden Ashraf Ghani akan melakukan pertemuan kerja sama antara Indonesia dan Afghanistan, ada empat nota kesepahaman (MoU) yang akan ditandatangani, yaitu kerja sama dalam bidang pendidikan, pertanian, statistik, dan reformasi administrasi publik.

Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) sendiri mengaku telah siap terkait rencana kunjungan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani yang akan berkunjung ke Masjid Istiqlal sebagai tamu negara.

Baca Juga:  Senantiasa Beramal Shaleh adalah Mindset orang Beriman

Seperti kunjungan tamu negara lainnya yang melakukan kunjungan di Masjid Istiqlal, Presiden Ghani akan berkeliling masjid dan akan mendengar paparan sejarah Istiqlal juga penjelasan bagaimana toleransi beragama di Indonesia.

Terkait dengan acara pertemuan dengan ulama-ulama Indonesia, Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, BPPMI juga sudah berkoordinasi dengan lembaga terkait seperti Kementerian Luar Negeri dan diharapkan acara tersebut bisa terselenggara dengan baik.

“Ya nanti beliau (Presiden Ashraf Ghani) akan berkunjung ke Istiqlal dan bertemu ulama-ulama. Tempat sudah kami sediakan, rencana pertemuan akan dilakukan sore hari,” ujar Abu Hurairah. (L/R08/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: habibi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.