MTsN 1 Pamulang Tangsel Juara Umum Kedua Asian Junior Robot Cup 2016 di Malaysia

Tim Robotik MTsN 1 Tangsel menjadi Juara Umum Kedua Asian Junior Robotic Cup 2016 di Malaysia. (Foto: Ditpenmad)

 

Jakarta, 12 Rabiul Awwal 1438/12 Desember 2016 (MINA) – Tim Robotik MTsN 1 Pamulang Tangerang Selatan (Tangsel) berjaya di ajang robotik tingkat Asia dengan berhasil meraih juara umum kedua pada Asian Junior Robot Cup 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia, 10-12 Desember 2016.

Pembimbing Tim Robotik Imam Sucipto mengatakan dalam keterangan pers yang dikutip MINA, MTsN 1 Pamulang mengirimkan sembilan siswa, terdiri dari lima anak kelas VII, tiga anak kelas VIII, dan satu anak kelas IX. Adapun total peserta yang mengikuti ajang ini mencapai 150 siswa dari jenjang dasar dan menengah.

“Mereka berasal dari beberapa negara di Asia, seperti: Malaysia, Singapura, Indonesia, serta peserta kehormatan dari beberapa negara timur tengah, Saudi Arabia, Mesir, dan Tunisia,” ujar Imam, Senin (12/12).

Tim Robotik MTsN 1 Pamulang ini meraih predikat juara umum kedua setelah berhasil meraih sejumlah prestasi pada ajang prestasi robotik yang digelar di International Islamic School Kuala Lumpur ini, yaitu:

1. Juara pertama Robot Volly atas nama Harsya (kelas VII) dan M. Rasyid (kelas X)

2. Juara kedua Robot Sumo Auto atas nama Kiki (kelas IX), Humam (kelas VIII) dan Zidanelfaya (kelas VII)

3. Juara kedua Robot Volly atas nama Ridho (kelas VIII) dan Rakha (kelas VIII)

4. Juara ketiga Maze Solving atas nama Rayhan (kelas VII) dan M. Rasyid (kelas X)

5. Juara ketiga Aerial atas nama Rayhan dan M. Rasyid (keduanya kelas VII)

6. Special Award Robot Creatif atas nama Zidanelfaya, Davi, Raihan, Harsya, dan M. Rasyid. Pada kategori ini, peserta mempresentasikan robot ciptaannya sendiri berbasis kreativitas programmingnya. Tim ini merangkai, mencipta, dan memprogram robot untuk membuka halaman-halaman buku.

7. Special Award Robot Creatif atas nama Ridho, Kiki, Humam, dan Rakha. Tim ini merangkai, mencipta, dan memprogram robot yang mempunyai kemampuan melipat baju.

8. Special Award Maze Solving atas nama Davi, Zidanelfaya, dan Harsya

“Keikutsertaan sembilan anak dari MTsN 1 Tangerang Selatan, dulu Pamulang, dilandasi semangat untuk memberikan peluang menambah wawasan global bagi peserta didik,” jelas Imam.

Direktur Pendidikan Madrasah M Nur Kholis Setiawan mengaku bangga atas prestasi Tim Robotik MTsN 1 Tangsel di Asian Junior Robotic Cup ini. Menurutnya, prestasi madrasah di bidang robotik terus mengalami perkembangan dan pihaknya mengapresiasi capaian ini.

“Saya memberikan apresiasi kepada madrasah yang terus mendorong berkembangnya kegiatan ekstra kurikuler robotik. Ditpenma juga menyelenggarakan festival/kompetisi robotik madrasah dalam rangka mengapresiasi dan memberikan wahana pengembangan keterampilan dalam bidang robotik,” ujarnya.

Ada beberapa kategori yang dilombakan pada Asian Junior Robotic Cup 2016 ini, yaitu: Junior Volley Cup, Senior Valley Cup, Humanoid Rero Survival, Humanoid Rero Mine Cart, Humanoid Triathlon, Robot Creative, Super Maze Solving Robot Junior, Super Maze Solving MRT, Robot Soccer Junior, Robot Soccer Senior, Junior Aerial Robotic, Senior Aerial Robotic, Suma RC Legs, Suma Auto. (T/ima/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Risma Tri Utami

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.