MU PBB Setujui Lima Resolusi Dukung Palestina

New York, MINA – Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa Jumat (30/11) memberikan persetujuan pengesahan lima resolusi yang mendukung perjuangan Palestina, laporan koresponden WAFA.

Dengan keputusan Majlis Umum PBB ini maka Amerika Serikat, Israel dan sekutunya tak berdaya lagi mencegah persetujuan atas resolusi-resolusi yang mendukung Palestina ini.

Laporan mengatakan, salah satu resolusi paling penting yang disetujui MU PBB itu adalah meminta negara-negara anggota untuk tidak mengakui langkah-langkah yang diambil oleh Israel di Yerusalem dan untuk mempertahankan status quo saat ini di kota suci itu.

Resolusi itu juga menolak pemindahan kedutaan besar AS di Israel baru-baru ini ke Yerusalem.

Mengomentari hasil pemungutan suara di MU PBB yang memenangkan Palestina itu, Pengamat Tetap Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, mengatakan bahwa “dengan voting yang mendukung lima resolusi, masyarakat internasional menegaskan dukungannya terhadap tujuan nasional kita, terlepas dari upaya yang dilakukan oleh Pemerintah AS di forum internasional untuk menolak ini.”

Majelis Umum PBB juga mengadopsi resolusi keenam pada dataran tinggi Golan, Suriah yang diduduki Israel, menuntut penarikan Israel dari semua wilayah dan menegaskan kedaulatan Suriah di sana, sejalan dengan resolusi  Dewan Keamanan PBB.

Ini adalah langkah kedua PBB dalam waktu kurang dari dua pekan.

Pada 17 November, MU PBB memilih mendukung delapan resolusi di Palestina dan kesembilan di Dataran Tinggi Golan Suriah. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)