Muhammad Ismail Riyadi, OJK : Edukasi Literasi Keuangan Syariah di Indonesia masih Minim

Bogor, MINA – Edukasi dan sosialisasi di masih sangat minim demikian Kepala Grup Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah Otoritas Jasa Keuangan () Muhammad Ismail Riyadi.

“Jika kita mengamati survei OJK, Survei Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLIK) yang selalu dilakukan selama 3 tahun, tahun 2022 misalnya, antara tingkat literasi keuangan secara keseluruhan adalah 49 persen, keuangan syariahnya 9,14 persen. Jadi masih ada sekitar 40 persen,” kata Ismail dalam Media Workshop “Sinergi BCA Syariah & Media Tingkatkan Literasi & Inklusi Perbankan Syariah” di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/10).

Terlihatnya kesenjangan tersebut mengindikasikan bahwa hanya 9 dari 100 orang yang benar-benar mengadopsi prinsip-prinsip keuangan syariah.

Baca Juga:  Perkembangan Sistem Teknologi Berikan Peluang Berkreativitas

Sementara itu, tingkat inklusi keuangan syariah baru mencapai 12,12 persen, yang jauh tertinggal dari tingkat inklusi keuangan konvensional yang mencapai 85 persen.

Dia juga menyatakan, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah masih rendah.

Pertama, pemahaman masyarakat tentang keuangan syariah masih minim, meskipun kesadaran terhadapnya tinggi.

“Saya sering dengar kenapa istilahnya akad-akadnya (jenis akad bank syariah) masih bahasa Arab, meskipun semua industri keuangan sekarang sudah menggunakan bahasa Indonesia,” imbuhnya.

“Akadnya itu digunakan di belakang saat harus menjelaskan projek maupun menandatangani (perjanjian/kontrak) atau memahami (transaksi). Itu salah satu contoh,” ungkap Ismail.

Penyebab kedua, berhubungan dengan perbedaan dalam reaksi masyarakat terhadap produk keuangan syariah dan konvensional yang serupa.

Baca Juga:  Dukung Mahasiswa AS, UI Gelar Perkemahan Solidaritas Palestina

Perbedaan ini muncul karena orang merespons produk keuangan syariah dan konvensional dengan cara yang bervariasi.

Survei OJK, Survei Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLIK) yang selalu dilakukan selama 3 tahun, tahun 2022 misalnya, tingkat literasi keuangan secara keseluruhan adalah 49 persen, keuangan syariahnya 9,14 persen. Jadi masih ada sekitar 40 persen.

“Ada sejumlah penyebab yang menyebabkan tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah masih kecil,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, BCA Syariah turut mengumumkan pemenang BCA Syariah Journalist Writing Competition 2023, sebuah kompetisi menulis artikel untuk wartawan yang mengangkat tema “Moderenisasi Layanan Bank Syariah”.

Kegiatan ini diikuti oleh 89 wartawan dari seluruh Indonesia dan telah ditentukan 4 pemenang yaitu:

Baca Juga:  Hardiknas, Fahmi Alaydroes: Selamat Hari ‘Keprihatinan’ Pendidikan Nasional

• Kategori Media Online – Hard News : Fahmi Ahmad Burhan, Bisnis.com
• Kategori Media Online – Feature News : Endang Lismari, Duta.co
• Kategori Media Cetak – Hard News : Ahmad Nabhani, Harian Ekonomi Neraca
• Kategori Media Cetak – Feature News : Muhammad Aking, Harian Ujungpandang Ekspres

Tema yang diusung pada lomba tahun ini bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat terhadap perkembangan dan keamanan transaksi di bank syariah. Kepercayaan masyarakat menempatkan dana di bank syariah semakin meningkat. (R/R4/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.