Muhammadiyah Jalin Kerja Sama dengan Dewan Kepausan dalam Perdamaian Global

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir (tengah) berama pimpinan lainnya (foto: dok Muhammadiyah)

Jakarta, MINA – Ketua Umum PP Haedar Nashir, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti dan Ketua PP Muhammadiyah Syafiq Mughni menerima tamu dari Penasehat Dewan Kepausan untuk Hubungan dan Dialog Antar-Agama Sant’Egidio Valeria Martano berlangsung pada Rabu (28/2) di Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta.

Sekretaris Lembaga Hubungan dan Kerjasama Internasional (LHKI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Yayah Khisbiyah, menyampaikan, pertemuan tersebut fokus membahas program dalam bidang bantuan kemanusiaan, perdamaian global, dan transformasi konflik di wilayah regional. Diskusi juga mencakup upaya memperkuat kohesi sosial generasi muda lintas-iman dan pemberdayaan kaum perempuan di wilayah konflik.

Yayah menjelaskan bahwa hubungan akrab antara Muhammadiyah dan Sant’Egidio telah terjalin selama beberapa dekade. Pada pertemuan ini, pembahasan juga mencakup persiapan perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) antara PP Muhammadiyah dan Sant’Egidio. Kesepakatan Kerjasama terakhir ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Presiden Sant’Egidio Marco Impagliazzo pada tahun 2017, bersamaan dengan seminar “Pancasila Untuk Dunia”.

Isi MoU tersebut mencakup komitmen bersama untuk memberikan bantuan kemanusiaan dalam situasi bencana, konflik, perang, dan kekerasan. Selain itu, mereka akan mempromosikan inisiatif perdamaian, dialog antaragama, dan kerjasama multikultural. Pihak-pihak juga berjanji untuk menyebarkan budaya perdamaian dan non-kekerasan di kalangan generasi muda melalui berbagai kegiatan pendidikan.

Yayah menuturkan bahwa Muhammadiyah dan Sant’Egidio juga berperan sebagai anggota inti di International Contact Group (ICG) dalam mendukung proses perdamaian di Bangsamoro. Keanggotaan ini menegaskan komitmen kedua organisasi untuk berkontribusi secara aktif dalam upaya-upaya perdamaian regional.

Selain itu, kemitraan Muhammadiyah dan Sant’Egidio mencakup berbagai kerjasama antaragama di bidang kemanusiaan dan pembangunan perdamaian. Salah satu inisiatif yang menonjol adalah kolaborasi antaragama untuk mempromosikan relasi sosial yang inklusif, khususnya melalui partisipasi pemuda dari berbagai latar belakang keagamaan. (R/R5)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.