Muhammadiyah Keluarkan Pernyataan Sikap Terkait Situasi Suriah

(ANTARA FOTO/Dhoni Setiawan)

 

Jakarta, 10 Rajab 1438/8 April 2017 (MINA) – Pimpinan Pusat Muhammadiyah Jumat mengeluarkan pernyatakan terkait perkembangan terakhir di .

Dalam pernyataan yang ditandatangani Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Dr. Bachtiar Effendi, MA, itu dinyatakan :

  1. PP Muhammadiyah mengecam gas yang dilakukan oleh pihak bertikai sehingga mengakibatkan jatuhnya banyak korban tidak berdosa, PP Muhammadiyah juga mendesak PBB untuk melakukan investigasi atas serangan gas inidan menghukum pelakunya sesuai hukum internasional.
  2. PP Muhammadiyah mengecam serangan rudal tomhawk yang diluncurkan ke Suriah. Serangan ini merupakan pelanggaran kedaulatan Suriah dan melanggar hukum internasional. Selain itu, serangan ini hanya akan memperburuk keamanan di Suriah dan terutama akan membuat rakyat Suriah semakin menderita.
  3. PP Muhammadiyah mendesak kepada negara-negara adikuasa untuk tidak menjadikan Suriah sebagai arena pertempuran (battlefield) konflik kepentingan negara-negara mereka. Hal demikian hanya akan mengorbankan rakyat Suriah dan mendorong radikalisme dan terorisme.
  4. PP Muhammadiyah menyerukan perdamaian kepada semua pihak terkait.
  5. PP Muhammadiyah mendorong transisi damai menuju Suriah yang sejahtera, damai, dan bermartabat dengan mediasi PBB dan bukan oleh institusi level negara (unilateral). (L/R06)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.